Minggu, 16 Juni 2019 16:22 WITA

Departemen Kesehatan Selangor: Minum Susu Segar Mentah Bisa Picu Infeksi Bakteri Parah

Editor: Mays
Departemen Kesehatan Selangor: Minum Susu Segar Mentah Bisa Picu Infeksi Bakteri Parah
Susu segar

RAKYATKU.COM, MALAYSIA - Jika Anda ingin mengonsumsi susu dengan sereal atau hanya ingin menambah asupan kalsium dan protein, kami sarankan Anda memilih yang sudah dipasteurisasi dan diproses dengan benar di toko.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis kemarin, Sabtu, 15 Juni 2019, Departemen Kesehatan Selangor, Malaysia, telah mengingatkan konsumen untuk menjauhi susu mentah, karena diketahui bahwa susu kambing dari sebuah peternakan di Pulau Indah mengandung bakteri Brucella. 

Seperti dilansir Malay Mail, Direktur Departemen, Datuk Dr Khalid Ibrahim menjelaskan, "Sampel yang diambil dari peternakan menemukan bahwa susu mengandung bakteri Brucella serta melanggar Bagian 13 (1) dari Food Act 1983. Insiden itu melibatkan delapan orang yang menunjukkan gejala setelah minum susu kambing dari peternakan baru-baru ini." 

Brucellosis terjadi ketika seseorang terinfeksi oleh bakteri Brucella, dan umumnya menyebabkan gejala mirip flu dan lainnya tergantung pada strain bakteri tersebut. 

Pada saat yang paling parah, itu dapat menyebabkan cacat seumur hidup.

loading...

Dr Khalid juga menjelaskan, meminum susu mentah berisiko, terutama bagi individu dengan tingkat sistem kekebalan yang rendah seperti orang tua, wanita hamil dan anak-anak. Dia menyebutkan, kontaminasi mungkin disebabkan oleh polusi atau infeksi pada hewan, yang dapat mempengaruhi manusia. 

Dia menambahkan, “Saat membeli susu mentah, pastikan untuk merebusnya terlebih dahulu sebelum diminum. Konsumen disarankan untuk minum susu pasteurisasi.”

Dr Khalid juga menyarankan konsumen, untuk segera mencari perawatan jika mereka merasa tidak enak setelah mengonsumsi susu yang mereka beli.

Loading...
Loading...