Kamis, 13 Juni 2019 05:02 WITA

Apakah Air yang Sama Direbus Dua Kali Aman? Ini Penjelasannya

Editor: Aswad Syam
Apakah Air yang Sama Direbus Dua Kali Aman? Ini Penjelasannya
Rebus air

RAKYATKU.COM - Menyalakan ketel untuk minum teh; itu sesuatu yang dilakukan semua orang. 

Ini bukan pertama kalinya (dan tentu saja bukan yang terakhir) bahwa kita lupa menyalakan ketel. 

Ketika kita kembali ke situ setengah jam atau bahkan satu jam kemudian, airnya tidak akan menjadi hangat lagi. 

Saat itulah kita cukup menyalakan ketel dan menunggu air mendidih untuk kedua kalinya, sehingga kita akhirnya bisa menikmati secangkir teh. 

Ini kedengarannya sangat polos, tetapi apakah itu dibenarkan?

Kami secara teratur mendapat pertanyaan tentang air mendidih. Beberapa sumber mengatakan, tidak baik bagi Anda untuk merebus air yang sama lebih dari satu kali. 

Tetapi apakah ini benar? Banyak alasan bagi kita untuk memperhatikan topik ini dengan baik.

Loading...

Air rebusan
Banyak artikel tentang reboiling akan mengatakan yang berikut ini: ketika Anda menumpahkan air, komponen berbahaya akan berkumpul di dalam air alih-alih melarikan diri darinya seperti biasanya. 

Zat berbahaya berikut ini dapat ditemukan dalam air rebusan: arsenik, nitrat, dan fluorida. Apakah Anda akan membeli sebotol air yang bertuliskan "mengandung arsenik" pada labelnya? Tentu saja tidak! Jadi mengapa Anda menolak air jika Anda pikir ada kemungkinan mengandung arsenik setelahnya? Mineral yang sehat akan terus ada dalam air mendidih, tetapi mereka bisa menjadi berbahaya ketika Anda mengoyaknya beberapa kali. 

Garam kalsium dapat berkumpul di dalam air dan menyebabkan batu empedu dan batu ginjal.

Mitos perkotaan
Untuk langsung ke pokok masalah: reboiling air minum tidak berbahaya. Jadi, apa masalahnya dengan ini? Memang mungkin zat berbahaya berkumpul di dalam air jika direbus beberapa kali. Air minum yang kita konsumsi memang mengandung arsenik, nitrat, dan fluorida, tetapi dalam jumlah kecil sehingga tidak dapat menyebabkan risiko kesehatan jika direbus lebih dari dua kali.

Berbahaya
Hanya berbahaya untuk mengkonsumsi air rebusan ketika 10.000 liter air direbus menjadi hanya satu cangkir kopi atau teh. Itu adalah sesuatu yang tidak pernah dilakukan siapa pun, tentu saja. Jadi, lain kali Anda mendidihkan air dan melupakannya, jangan ragu untuk langsung mencabutnya. Anda dapat dengan aman minum secangkir teh - itu tidak akan membahayakan Anda.

Loading...
Loading...