Kamis, 13 Juni 2019 04:01 WITA

10 Tanda Sirkulasi Darah Anda Buruk

Editor: Aswad Syam
10 Tanda Sirkulasi Darah Anda Buruk
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Oksigen dan nutrisi diangkut melalui tubuh Anda lewat darah. Ketika sirkulasi darah Anda tidak berfungsi dengan baik, beberapa bagian tubuh Anda tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi. 

Selain itu, sirkulasi darah yang buruk sering merupakan gejala penting dari masalah kesehatan lainnya, seperti kondisi jantung, diabetes atau obesitas. 

Kenali 10 sinyal sirkulasi darah buruk ini untuk mencegah kondisi kesehatan lainnya.

1. Kelupaan
Ketika Anda mengalami lebih banyak masalah mengingat hal-hal daripada sebelumnya, Anda mungkin memiliki sirkulasi darah yang buruk. Otak Anda tidak lagi dapat berfungsi dengan baik jika ada aliran darah yang berkurang, dan ini mengakibatkan memori yang hilang dan kelupaan.

2. Sensasi kesemutan
Apakah Anda secara teratur mengalami sensasi kesemutan di tangan, kaki, jari kaki atau bagian tubuh lainnya? Ini mungkin disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk.

3. Masalah usus
Yang kami maksud dengan ini adalah masalah seperti sakit perut dan diare. Masalah pencernaan ini mungkin disebabkan oleh penumpukan lemak di dinding pembuluh darah Anda, yang mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke perut Anda.

4. Nafsu makan berkurang
Sirkulasi darah yang buruk juga dapat menyebabkan Anda tidak sering merasa lapar dan nafsu makan menurun. Ghrelin, lebih dikenal sebagai hormon kelaparan, adalah hormon yang mengendalikan nafsu makan Anda. Jika aliran darah ke sistem pencernaan Anda berkurang, sangat mungkin tidak ada ghrelin yang dilepaskan - atau kurang dari biasanya.

Loading...

5. Kulit Anda berubah warna
Sianosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit Anda menjadi pucat, kebiruan atau merah. Ini disebabkan oleh darah Anda yang tidak mengandung cukup oksigen.

6. Kelelahan konstan
Apakah Anda terus-menerus merasa lelah? Ketika sirkulasi darah Anda tidak berfungsi dengan baik, otot-otot Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang berarti dibutuhkan lebih lama bagi Anda untuk mengisi kembali energi Anda bahkan setelah tugas-tugas terkecil.

7. Nyeri di kaki Anda
Jika kaki Anda dingin atau berdenyut kesakitan, kemungkinan karena sirkulasi darah yang buruk.

8. Luka tidak sembuh dengan cepat
Ketika darah Anda tidak bersirkulasi dengan baik, oksigen akan mengalami kesulitan mencapai bagian bawah tubuh Anda. Luka membutuhkan oksigen untuk sembuh dan jika mereka tidak mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan, akan butuh waktu lebih lama dari biasanya untuk sembuh.

9. Angina
Jika Anda mengalami rasa sakit di dada yang sangat kuat hingga menyebar ke lengan, leher, dan bahu, Anda mengalami angina. Ini disebabkan oleh tidak cukupnya aliran darah ke jantung. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera kunjungi dokter.

10. Edema
Edema adalah sejenis pembengkakan di kaki, pergelangan kaki atau otot perut. Ini terjadi ketika terlalu banyak darah menumpuk di tempat-tempat ini. Jika ini terjadi pada Anda, Anda harus menghubungi dokter Anda untuk menentukan perawatan yang tepat.

Loading...
Loading...