Kamis, 13 Juni 2019 03:31 WITA

7 Gejala Ini Mungkin Beritahu Kalau Anda Makan Terlalu Banyak Garam

Editor: Aswad Syam
7 Gejala Ini Mungkin Beritahu Kalau Anda Makan Terlalu Banyak Garam
Ilustrasi garam

RAKYATKU.COM - Sedikitnya dalam sup, beberapa butir pada telur rebus Anda: banyak hidangan bisa dibuat lebih enak dengan menambahkan sedikit garam. 

Butir putih menambahkan sedikit rasa ekstra ke hidangan. Itu sebabnya mungkin tergoda untuk menambahkannya dalam jumlah banyak saat Anda memasak, tetapi sebaiknya Anda tidak melakukannya. Mengkonsumsi garam terlalu banyak dapat merusak tubuh Anda. 

Apakah Anda mengalami salah satu gejala di bawah ini? Maka tubuh Anda mungkin mengatakan Anda makan terlalu banyak garam.

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi.

1. Mempertahankan kelembapan
Apakah jari Anda bengkak? Itu mungkin berarti bahwa tubuh Anda mempertahankan banyak kelembapan. Ini bisa jadi akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Solusinya sangat sederhana: minumlah lebih banyak air. Ini akan mengusir garam dari tubuh Anda.

2. Haus
Ketika Anda sudah makan sesuatu yang asin seperti keripik atau kacang, Anda mungkin merasa haus setelahnya. Ini karena garam mengeluarkan kelembapan dari tubuh Anda dan itu menyebabkan keseimbangan garam/air terganggu. Untuk memulihkan keseimbangan dalam tubuh Anda, Anda perlu melembapkan dengan benar. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan minum air atau teh. Minuman ini paling efektif melawan dehidrasi.

3. Kencing lebih sering
Apakah Anda memperhatikan bahwa Anda harus buang air kecil lebih sering daripada biasanya? Maka Anda mungkin makan terlalu banyak garam, yang menyebabkan ginjal Anda bekerja lembur untuk memproses semuanya. Selain harus lebih sering mengunjungi kamar mandi, air seni Anda mungkin juga terlihat lebih gelap dari biasanya.

Loading...

4. Mengidam makanan tidak sehat
Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, Anda mungkin mengalami lebih banyak mengidam makanan yang tidak sehat seperti permen dan keripik. Anda mungkin juga berpikir makanan terasa hambar tanpa sedikit garam. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengurangi konsumsi garam secara perlahan. Misalnya, lain kali jika Anda merasa lapar, makanlah sepotong buah alih-alih keripik.

5. Sakit kepala
Apakah Anda sering menderita sakit kepala? Itu juga mungkin akibat makan terlalu banyak garam. Penelitian telah menunjukkan, orang dewasa yang mengonsumsi 3,5 gram garam setiap hari, mengalami sakit kepala hampir sepertiga lebih sering daripada orang yang hanya mengonsumsi 1,5 gram.

6. Lebih sering kram otot
Jika Anda sering mengalami kram otot setelah berolahraga, Anda mungkin mengalami kelebihan garam. Ini ada hubungannya dengan keseimbangan antara garam dan kalium. Garam menyebabkan otot-otot Anda berkontraksi sementara potasium membuat mereka rileks. Jadi, jika Anda makan terlalu banyak garam, keseimbangan terganggu dan otot Anda akan berkontraksi selama dan setelah berolahraga.

7. Tekanan darah meningkat
Kelebihan garam juga bisa meningkatkan tekanan darah. Saat tekanan darah Anda terlalu tinggi, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi garam atau berhenti memakannya sama sekali. Pada akhirnya, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan ginjal yang rusak.

Berapa banyak garam sehari?
Orang dewasa tidak boleh mengonsumsi lebih dari enam gram garam sehari. Itu setara dengan sekitar satu sendok teh. Cara termudah untuk mengurangi asupan garam adalah makan makanan segar dan sehat. Secara umum, makanan olahan mengandung paling banyak garam.

Loading...
Loading...