Kamis, 13 Juni 2019 02:31 WITA

6 Sinyal Ini Bantu Anda Kenali Serangan Jantung Sebulan Sebelum Terjadi

Editor: Aswad Syam
6 Sinyal Ini Bantu Anda Kenali Serangan Jantung Sebulan Sebelum Terjadi
Ilustrasi serangan jantung

RAKYATKU.COM - Serangan jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di negara-negara Barat. 
Faktanya, ini adalah pembunuh nomor satu di Inggris. 160.000 orang meninggal karena penyakit jantung di Inggris setiap tahun. 

Itulah mengapa penting untuk mengenali gejala serangan jantung saat Anda mengalaminya. Itu bisa menyelamatkan hidup Anda! Kebanyakan orang berpikir serangan jantung terjadi secara tiba-tiba, tetapi dalam kebanyakan kasus, ada sinyal beberapa minggu sebelum kejadian yang sebenarnya.

Mengenali gejala serangan jantung berpotensi menyelamatkan banyak nyawa.

Sinyal
Ketika Anda mengalami serangan jantung, jantung Anda berhenti memompa darah ke seluruh tubuh Anda karena aritmia jantung. 

Aritmia jantung ini sering disebabkan oleh arteri yang tersumbat. Banyak orang yang terkena serangan jantung menderita hal-hal berikut dalam minggu-minggu menjelang serangan: rasa sakit di dada, sesak napas, mual, pusing, pingsan dan jantung berdebar-debar. Tentu saja, jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini sendiri, itu juga dapat berarti sesuatu yang sama sekali berbeda (seseorang yang menderita pilek juga dapat mengalami sesak napas). 

Namun kombinasi dari gejala-gejala ini bisa menjadi indikasi serangan jantung yang akan datang. Apakah Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala ini? Kunjungi dokter Anda: itu mungkin menyelamatkan hidup Anda!

Serangan jantung diam-diam
Tahukah Anda bahwa setengah dari semua serangan jantung terjadi tanpa disadari? Itu cukup mengejutkan, terutama jika Anda tahu bahwa Anda tiga kali lebih mungkin meninggal karena gagal jantung atau masalah kesehatan lainnya, jika Anda pernah mengalami salah satu serangan jantung diam itu. 

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang serangan jantung, mereka berpikir tentang kesakitan luar biasa dan terengah-engah. Tetapi serangan jantung juga bisa berlalu tanpa diketahui. Anda mungkin merasa sedikit lebih lelah dari biasanya, dan Anda mungkin mengalami jantung berdebar dan berkeringat sedikit lebih deras. 

Tetapi gejala-gejala ini dapat terjadi karena sejumlah alasan - tidak ada alasan nyata untuk segera memikirkan serangan jantung, bukan? Itulah bahayanya.

Gejala hening
Anda hampir tidak melihat serangan jantung diam (ada dalam nama, setelah semua), tetapi ada beberapa gejala yang menunjukkan masalah yang lebih serius daripada hanya kelelahan. Jika Anda mengalami satu atau lebih dari gejala berikut, pastikan Anda tetap waspada. Hubungi dokter Anda jika Anda merasa khawatir tentang hal itu.

Ketat atau sensasi meremas di dada yang mungkin menyebar ke leher, rahang atau punggung

Loading...
  • Berkeringat
  • Muntah, mual
  • Nyeri di perut bagian atas
  • Nyeri di antara tulang belikat
  • Sesak napas
  • Kelelahan ekstrem
  • Pusing
  • Perasaan gelisah, gelisah
  • Mempercepat pernapasan

 
Perempuan
Pada wanita, sinyal dan gejala serangan jantung seringkali kurang jelas dibandingkan pada pria. Gejalanya sering dikacaukan dengan gejala menopause. Penyebab penting penyakit jantung adalah gen, tekanan darah tinggi, obesitas, stres, kurang olahraga atau merokok. 

Sama seperti pria, wanita mengalami sesak atau rasa sakit di dada mereka, yang dapat menyebar ke lengan atas, leher, rahang, punggung dan perut. Rasa sakit sering berlangsung lebih dari 5 menit dan bisa muncul bersamaan dengan berkeringat, mual atau muntah. 

Namun, wanita sering juga mengalami gejala-gejala lain yang tercantum di atas dalam 'Gejala Diam'. Anda juga tidak boleh mengabaikan masalah kesehatan berikut yang dapat mengindikasikan penyakit jantung:

Tiba-tiba kehilangan penglihatan atau penglihatan ganda atau buram. Jika Anda mengalami hal-hal itu, kami sarankan langsung pergi ke ruang gawat darurat.

Kaki bengkak. Kaki yang bengkak atau nyeri dapat mengindikasikan trombosis vena dalam. Masalah ini bisa menyebabkan penyumbatan di aorta. Hubungi dokter Anda segera.

Kelopak mata berubah warna. Kelopak mata kuning atau bintik-bintik kuning pada kelopak mata Anda dapat menunjukkan bahwa kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika ini masalahnya, Anda harus membiarkan dokter memeriksa kadar kolesterol Anda.

Merah, gusi sensitif. Anda bisa mendapatkan penyakit kardiovaskular ketika bakteri oral memasuki aliran darah dan tinggal di dekat katup jantung. Penelitian menunjukkan bahwa meminta dokter gigi membersihkan gigi secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung.

Jari biru. Kunjungi dokter Anda jika Anda memiliki jari, jari kaki, cuping telinga, tangan, bibir atau pipi yang biru. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam jaringan, yang dapat mengindikasikan gagal jantung.

Gejalanya dapat timbul sangat tiba-tiba atau lebih lambat dan dapat berbeda per orang. Sangat penting untuk tetap tenang ketika Anda mengalami serangan jantung dan untuk duduk atau berbaring. Jangan bepergian sendiri ke rumah sakit, tetapi panggil ambulans.

Loading...
Loading...