Senin, 10 Juni 2019 14:59 WITA

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan, Serta Efek Negatifnya

Editor: Suriawati
Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan, Serta Efek Negatifnya
INT

RAKYATKU.COM - Buah markisa adalah buah aromatik yang memiliki banyak nutrisi penting.

Buah markisa memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa mulai dari meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh hingga meningkatkan penglihatan dan menurunkan tekanan darah.

Nilai gizi buah markisa
Setiap 100 gram buah markisa mengandung energi 275 kkal dan juga 1,79 gram protein, 64,29 gram karbohidrat, 10,7 gram serat, 107 mg kalsium, 0,64 mg zat besi dan 139 mg natrium.

Manfaat buah markisa untuk markisa

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Markisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, antioksidan, dan senyawa tertentu. Vitamin ini membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

2. Mencegah kanker
Senyawa polifenol dalam buah markisa memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Ini melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker. Selain itu, kandungan beta-karoten di dalamnya menurunkan risiko kanker usus besar, kanker lambung, kanker prostat, dan kanker payudara.

Loading...

3. Membantu melancarkan pencernaan
Buah markisa mengandung serat, yang menjaga usus Anda tetap sehat dan mencegah sembelit. Buah markisa juga memiliki efek pencahar, yang membantu membersihkan usus besar dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

4. Mendukung kesehatan jantung
Mengonsumsi buah markisa dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah. Dengan demikian, buah ini mencegah risiko penyakit jantung.

5. Baik untuk penderita diabetes
Buah markisa adalah makanan dengan indeks glikemik rendah yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Efek buruk markisa
Kulit buah markisa ungu bisa mengandung bahan kimia yang disebut glikosida sianogen yang dapat bergabung dengan enzim untuk membentuk racun sianida, yang karenanya dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Loading...
Loading...