Minggu, 09 Juni 2019 15:27 WITA

Bisa Ingat Wajah Teman Tapi Lupa Namanya? Ini Penjelasannya

Editor: Suriawati
Bisa Ingat Wajah Teman Tapi Lupa Namanya? Ini Penjelasannya
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda pernah terjebak dalam situasi bertemu teman lama tapi lupa namanya? Jadi apa yang menyebabkan hal itu?

Perlu Anda tahu bahwa fenomena ini sangat erat kaitannya dengan otak. Otak memiliki fungsi kompleks, salah satunya mengatur memori.

Di otak terdapat bagian khusus yang bertugas untuk mengenali wajah. Bagian otak ini disebut dengan fusiform face area. Letaknya berada di lobus temporal, di bagian belakang telinga.

Sementara itu, otak tidak memiliki bagian yang secara khusus untuk mengingat nama. Otak hanya memiliki bagian yang diperuntukkan mengingat kata-kata.

Sayangnya, nama bukan kata-kata yang biasanya digunakan untuk menyusun sebuah kalimat.

Jadi, untuk mengingat nama dengan wajah secara bersamaan, otak memiliki tugas yang berbeda.

Loading...

Hal inilah yang membuat seseorang lebih mudah mengingat wajah seseorang, tapi sering lupa dengan nama mereka.

Kejadian sering lupa nama orang tapi ingat wajahnya memang umum terjadi. Namun, ada pula orang yang mengalami hal sebaliknya.

Beberapa orang lebih sulit mengenali wajah orang lain. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah prosopagnosia.

Kondisi ini terjadi akibat kelainan atau kerusakan pada otak bagian fusiform face area atau pada bagian otak yang berfungsi untuk mengenali wajah.

Kelainan ini bisa terjadi karena stroke, cedera otak traumatis, penyakit yang menyerang otak, dan kelainan genetik yang membuat pertumbuhan otak jadi tidak sempurna.

Loading...
Loading...