Sabtu, 08 Juni 2019 13:23 WITA

5 Tips yang Bisa Bantu Anda Hilangkan Bau Asap Secara Permanen

Editor: Aswad Syam
5 Tips yang Bisa Bantu Anda Hilangkan Bau Asap Secara Permanen
Ilustrasi asap rokok

RAKYATKU.COM - Baik Anda menyewa atau membeli rumah tempat pemilik sebelumnya biasa merokok atau Anda membeli mobil bekas yang berbau seperti asbak; bau asap rokok tidak pernah menyenangkan. 

Butuh waktu lama untuk menghilangkan baunya sendiri. Wajan atau barbekyu yang terbakar juga dapat menyebabkan bau asap yang tidak enak untuk waktu yang lama. Anda dapat mencoba menutupinya dengan semua jenis penyegar udara, tetapi ada beberapa hal yang benar-benar dapat membantu Anda menghilangkan bau asap secara permanen. Inilah lima tips.
 
Dengan tips ini, rumah atau mobil Anda akan berbau segar lagi.

1. Apel
Apel sangat baik dalam menyerap bau, yang membuatnya sempurna untuk tujuan ini. Ambil sebuah apel dan potong menjadi dua. Tempatkan kedua bagian di ruang yang berbau seperti asap dan biarkan di sana selama satu malam. Jika semuanya berjalan lancar, apel akan menyerap bau asap.

2. Cuka
Bau cuka akan menetralkan bau asap, yang menyebabkan bau hilang sepenuhnya. Buka jendela dan pastikan ada hewan peliharaan yang terkunci di ruangan lain karena bau cuka juga cukup menyengat. Tempatkan panci berisi cuka di atas kompor dan didihkan. Biarkan bau cuka melayang di seluruh rumah untuk menghilangkan bau asap. Anda juga bisa mencampurkan satu cangkir cuka dengan dua liter air hangat dan menggunakannya untuk menyapu furnitur, lantai, dan dinding. Apakah pakaian Anda berbau seperti asap? Masukkan melalui mesin cuci tetapi tambahkan cuka sebagai pelembut kain.

Loading...

3. Memanggang soda
Soda kue adalah solusi ideal untuk karpet, sofa kain, dan kain pelapis di mobil Anda. Taburkan soda kue dalam jumlah yang banyak di atas permukaan yang bau dan biarkan selama 12 hingga 24 jam. Awasi anak-anak kecil dan hewan peliharaan dan jauhkan dari baking soda. Setelah masa tunggu berakhir, bersihkan soda kue dari kain yang dimaksud. Apakah baunya masih ada? Ulangi prosesnya. Soda kue menyerap bau dan kelembapan, yang berarti bau asap dan bau tidak enak lainnya akan hilang.
 
4. Kopi
Jika Anda minum kopi secara teratur, Anda punya solusi yang sangat mudah untuk aroma asap yang siap di dapur Anda. Keringkan sisa-sisa kopi setelah Anda membuat kopi dan bagi-bagi dengan mangkuk kecil. Tempatkan mangkuk ini di sekitar rumah atau mobil Anda. Ganti mereka setiap 24 jam dan bau asap akan hilang. Bubuk kopi akan menyerap bau dan menyebarkan aroma kopi yang enak itu sendiri.

5. Amoniak
Jika tidak ada solusi yang sebelumnya, lebih ringan, yang tampaknya berhasil, sekarang saatnya untuk membawa senjata besar. Keluarkan amonia! Ya, bau amoniak juga, tetapi bau ini memudar lebih cepat daripada bau asap. Apalagi jika bau asap sudah benar-benar menempel di dinding dan lantai rumah Anda. Jika Anda akan menggunakan metode ini, Anda harus mengenakan penutup mulut atau mengikatkan handuk teh di sekitar mulut dan hidung Anda dan memastikan tidak ada hewan peliharaan atau anak kecil di sekitarnya. Campurkan satu cangkir amoniak dengan empat liter air dan gunakan ini untuk menggosok lantai, dinding, dan langit-langit. Jika Anda berpikir aroma amonia agak terlalu kuat, Anda bisa menggunakan soda kue untuk menyerap bau amoniak. Taburkan soda kue di sekitar ruangan dan menyedotnya setelah beberapa jam.

Loading...
Loading...