Sabtu, 08 Juni 2019 10:21 WITA

Ini yang Dikatakan Warna Urine Anda tentang Kesehatan Anda

Editor: Aswad Syam
Ini yang Dikatakan Warna Urine Anda tentang Kesehatan Anda
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Semua orang kencing; itu fakta. Itu adalah sesuatu yang kita lakukan beberapa kali sehari. Tetapi apakah Anda pernah melihat urine Anda? Ini dapat memberi tahu Anda banyak tentang kesehatan Anda!

Penting untuk mengetahui apa yang dapat disampaikan urine Anda tentang kesehatan Anda.

Air seni
Warna urine Anda dapat memberi Anda banyak informasi tentang kesehatan Anda. Rata-rata, kami buang air kecil sekitar satu hingga dua liter sehari, dibagi tiga hingga delapan kunjungan ke toilet. Tentu saja, ini tergantung pada seberapa banyak Anda minum di siang hari juga. 

Sangat baik untuk memperhatikan urine Anda sesekali dan untuk melihat warna apa yang dimilikinya. Ginjal dan saluran kemih Anda menyaring semua racun dari darah Anda dan racun ini meninggalkan tubuh Anda melalui urine Anda. Karena itu, warna, jumlah, dan komposisi dapat memberi tahu Anda banyak tentang kesehatan fisik Anda. Apakah Anda minum cukup, apakah Anda makan cukup vitamin atau sudah menangkap sesuatu?

Warna
Air seni yang sehat biasanya berwarna jernih dan kuning muda sampai kuning cerah. Ini disebabkan oleh bahan kimia yang disebut urochrome, yang terus-menerus diproduksi. Apakah kencing Anda memiliki warna yang berbeda? Cari tahu apa artinya di bawah ini:

Kuning muda
Jika air seni Anda berwarna kuning sangat terang itu bisa berarti Anda minum terlalu banyak air. Jika itu masalahnya, air seni Anda praktis tidak berwarna. Ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, tetapi warna ini juga dapat terjadi pada penderita diabetes atau ginjal. Jadi, awasi terus, terutama jika Anda telah menurunkan asupan air dan warnanya tetap terang. Dalam hal ini, Anda harus menghubungi dokter Anda.

Loading...

Kuning gelap
Ini sering terjadi ketika Anda mabuk ringan atau terlalu banyak berkeringat. Air seni pagi hari sering berwarna kuning gelap, karena pada saat itu Anda belum minum apa pun dalam beberapa jam. Pastikan Anda minum cukup air di siang hari!

Keruh
Terkadang air seni bisa keruh. Ini dapat memiliki beberapa penyebab berbeda: mungkin infeksi kandung kemih atau bisa juga merupakan kondisi yang tidak biasa yang disebut glomerulonefritis. Jika urine Anda keruh, sebaiknya hubungi dokter Anda.

Cokelat kehijauan
Ini bisa jadi akibat dari produk makanan berwarna, tetapi obat-obatan juga bisa menyebabkan warna aneh ini. Apakah Anda tidak minum obat atau ragu apakah penyebabnya? Hubungi dokter Anda.

Merah
Urine merah dapat disebabkan oleh makan bit atau menggunakan obat tertentu, tetapi mungkin juga ada darah dalam urine Anda. Ini dapat terjadi ketika Anda memiliki ISK atau infeksi kandung kemih tetapi juga dapat disebabkan oleh sesuatu yang jauh lebih buruk, seperti cedera internal, masalah ginjal atau kanker. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki urine merah.

Cokelat
Urine berwarna cokelat dapat mengindikasikan masalah dengan hati atau kantung empedu, seperti radang hati. Ini juga dapat menunjukkan penyumbatan saluran empedu, fistula atau infeksi kandung kemih. Selalu hubungi dokter Anda jika ini terjadi.

Loading...
Loading...