Kamis, 06 Juni 2019 23:33 WITA

Tiga Kunci Sederhana Mengatasi Diabetes dan Resistensi Insulin

Editor: Suriawati
Tiga Kunci Sederhana Mengatasi Diabetes dan Resistensi Insulin
INT

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda bahwa diabetes sangat terkait dengan kesehatan hati?

Hati Anda adalah organ yang dipandu insulin, sehingga perilaku, fungsi, dan kesehatannya akan tergantung pada kadar insulin dalam darah Anda. Ini juga tergantung pada seberapa sensitif hati terhadap insulin.

Secara umum, setelah Anda makan, kadar gula darah meningkat, dan pada mereka yang mengalami pra-diabetes atau diabetes, pankreas dipicu untuk melepaskan insulin. 
Ketika kadar gula darah tinggi, respons alami hati adalah menyerap glukosa, dan ini dapat mengisi sel-sel hati. Karena itu, sangat penting untuk melindungi hati Anda.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes dan melindungi hati Anda.

1. Perubahan pola makan
Kunci untuk mengontrol kadar gula darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan detoksifikasi hati adalah dengan diet yang baik.

Anda harus fokus pada diet yang penuh serat, kaya akan buah-buahan dan sayuran, serta rendah pati dan gula.

Serat membantu memperlambat pencernaan, yang membantu mengontrol penyerapan gula dan kadar glukosa darah,

Loading...

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi, yang melindungi terhadap kerusakan oksidatif dan inflamasi.

2. Olahraga
Olahraga membantu meningkatkan metabolisme gula dan mengurangi diabetes dan komplikasinya. Yang perlu Anda lakukan adalah berjalan tiga puluh menit setiap hari.

3. Kelola stres
Stres meningkatkan peradangan di seluruh tubuh Anda melalui produksi hormon kortisol yang berlebihan. Ini juga meningkatkan berat badan.

Peradangan dan kelebihan berat badan berkontribusi pada resistensi insulin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes.

Olahraga akan membantu melawan stres, tetapi ada hal-hal tambahan yang dapat Anda coba untuk membantu Anda mengelola stres dengan cara yang sehat.

Anda bisa melakukan meditasi, mendapatkan perhatian, latihan pernapasan dalam, dan yoga.

Loading...
Loading...