Senin, 03 Juni 2019 15:50 WITA

Wanita ini Menderita Gagal Jantung Akibat Obat Penurun Berat Badan

Editor: Suriawati
Wanita ini Menderita Gagal Jantung Akibat Obat Penurun Berat Badan
INT

RAKYATKU.COM - Seorang wanita Singapura menderita gagal jantung parah setelah mengonsumsi produk penurun berat badan yang mengandung zat terlarang.

Health Sciences Authority (HSA) Singapura mengatakan, produk tersebut dipasarkan sebagai BB Body. Itu adalah salah satu dari empat produk yang telah menyebabkan "reaksi negatif yang serius" pada konsumen.

"Anggota masyarakat disarankan untuk tidak membeli atau mengkonsumsi produk tersebut," kata HSA.

Menurut laporan CNA, pasien adalah seorang wanita berusia 50-an. Dia membeli BB Body dari penjual online yang berbasis di Malaysia setelah menemukan iklannya di Instagram.

Setelah mengonsumsinya selama sekitar tiga bulan, ia mengalami detak jantung yang sangat cepat, juga dikenal sebagai takikardia ventrikel. Itu menyebabkan hilangnya kesadaran yang membutuhkan resusitasi untuk menyelamatkan hidupnya.

Wanita itu sekarang menderita gagal jantung yang parah dan diberi defibrillator untuk mengatur irama jantungnya. Dia juga membutuhkan obat gagal jantung jangka panjang, kata HSA.

Wanita ini Menderita Gagal Jantung Akibat Obat Penurun Berat BadanProduk penurun berat badan lain yang juga berbahaya adalah Bellow Smaze dan Choco Fit.

Loading...

"Produk ini telah diuji oleh HSA dan mengandung bahan obat kuat yang tidak dilaporkan, termasuk zat yang dilarang untuk menurunkan berat badan," kata HSA.

Menurut HSA, seorang wanita berusia 30-an juga mengalami jantung berdebar setelah mengonsumsi Choco Fit selama dua hari.

Ketiga produk tersebut dipasarkan di berbagai platform e-commerce dan media sosial termasuk Instagram dan Facebook.

Mereka juga dipasarkan sebagai "tanpa efek samping" atau mampu menurunkan berat badan dalam beberapa hari.

HSA mengatakan bahwa mereka telah mengarahkan administrator platform online lokal untuk menghapus daftar produk yang terpengaruh.

Loading...
Loading...