Senin, 03 Juni 2019 10:31 WITA

Bisa Minum Kopi 5 Cangkir Sehari Tanpa Khawati Penyakit Jantung

Editor: Suriawati
Bisa Minum Kopi 5 Cangkir Sehari Tanpa Khawati Penyakit Jantung
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa minum banyak kopi dalam sehari tidak memiliki efek buruk pada jantung.

Ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang mengklaim bahwa itu memperkeras arteri, dan menghimbau pecandu kopi untuk mengurangi minuman mereka.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 8.000 orang, dan menemukan bahwa minum lima cangkir sehari tidak lebih buruk dari minum kurang dari satu cangkir sehari.

Beberapa orang bahkan minum hingga 25 cangkir sehari tanpa meningkatkan risiko ke arteri mereka.

Dalam penelitiannya, para peneliti dari Queen Mary University of London membagi 8.412 orang menjadi tiga kelompok. Yaitu, mereka yang minum kurang dari satu cangkir sehari, mereka yang minum satu hingga tiga, dan mereka yang minum tiga atau lebih.

Jumlah rata-rata yang diminum oleh kelompok ketiga adalah lima cangkir, tetapi beberapa dari mereka menghabiskan hingga dua lusin cangkir kopi.

Loading...

Para peneliti menemukan bahwa bahkan mereka yang minum kopi satu cangkir per jam tidak lebih mungkin mengalami pengerasan pembuluh darah dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu cangkir sehari.

"Meskipun kami tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat dalam penelitian ini, penelitian kami menunjukkan kopi tidak buruk bagi arteri seperti yang disarankan oleh penelitian sebelumnya," kata peneliti, Dr Kenneth Fung.

"Kami ingin mempelajari orang-orang ini lebih dekat dalam pekerjaan kami di masa depan sehingga kami dapat membantu memberi saran batas aman," tambahnya.

Nasihat tentang tingkat konsumsi kopi bervariasi dari waktu ke waktu. Tapi studi oleh British Medical Journal pada tahun 2017 menemukan bahwa "tidak ada bukti yang konsisten dari asosiasi berbahaya antara konsumsi kopi dan hasil kesehatan, kecuali yang berhubungan dengan kehamilan dan untuk risiko patah tulang pada wanita".

Tags
Loading...
Loading...