Senin, 03 Juni 2019 07:00 WITA

Label Kanker untuk Kopi di California Dicabut

Editor: Andi Chaerul Fadli
Label Kanker untuk Kopi di California Dicabut

RAKYATKU.COM - Kopi tidak akan lagi hadir dengan peringatan kanker di California, negara bagian Amerika Serikat. Sebelumnya pada Maret lalu, pengadilan memutuskan bahwa semua kafe harus memperingatkan pelanggan bahwa espresso mereka mengandung karsinogen.

Hari ini, setelah perdebatan selama bertahun-tahun tentang seberapa signifikan risikonya, Kantor Penilaian Bahaya Kesehatan Lingkungan (OEHHA) telah membatalkan aturan tersebut, dikutip dari Daily Mail, Senin (3/6/2019).

Pejabat menemukan pemanasan kopi memang menghasilkan bahan kimia yang memiliki hubungan dengan karsinogen, tetapi tidak ada kaitan langsung, dan pada tingkat yang sangat rendah sehingga tidak menimbulkan risiko yang jelas.

Putusan yang menyetujui label peringatan kanker, Maret lalu, adalah klimaks dari kampanye selama bertahun-tahun oleh Dewan nirlaba untuk Pendidikan dan Penelitian tentang Racun.

Kelompok itu mengajukan tuntutan hukum terhadap hampir 100 kafe dan rantai kopi, mengutip bukti bahwa bahan kimia dalam minuman itu bersifat karsinogenik.

Loading...

Kopi mengandung akrilamida, yang telah diakui di California sebagai karsinogen sejak 1990-an. 

Di bawah Proposisi 65, negara harus memperingatkan semua orang tentang setiap item yang mengandung bahan kimia dalam daftar itu - apakah ada hubungan sebab akibat antara keduanya atau tidak. 

Namun, OEHHA menemukan bahwa kadar akrilamida dalam kopi sangat kecil sehingga tidak menimbulkan risiko, dan peringatan terhadap kopi menampar hiperbola.

Tags
Loading...
Loading...