Sabtu, 01 Juni 2019 16:32 WITA

Buah Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung Sampai 15%

Editor: Andi Chaerul Fadli
Buah Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung Sampai 15%

RAKYATKU.COM - Jika Anda termasuk orang yang sarapan dengan buah blueberry, Anda mungkin tanpa sadar akan mengurangi risiko penyakit jantung, sebuah studi baru mengungkapkan.

Para peneliti dari Universitas East Anglia telah mengungkapkan bahwa makan secangkir blueberry sehari mengurangi risiko penyakit jantung hingga 15%, dikutip dari Mirror, Sabtu (1/6/2019).

Dalam studi tersebut, tim menyelidiki efek makan blueberry setiap hari di 138 orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan Sindrom Metabolik - suatu kondisi yang secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Beberapa peserta, yang berusia antara 50 dan 75, makan 150 g blueberry setiap hari selama enam bulan, sementara yang lain diberi plasebo.

Dr Peter Curtis, rekan penulis penelitian ini, mengatakan: “Kami menemukan bahwa makan satu cangkir blueberry per hari menghasilkan peningkatan berkelanjutan dalam fungsi pembuluh darah dan kekakuan arteri - membuat cukup perbedaan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga antara 12 dan 15 persen.

"Pesan sederhana dan dapat dicapai adalah mengonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari untuk meningkatkan kesehatan jantung.

"Tanpa diduga, kami menemukan tidak ada manfaat dari asupan blueberry harian yang lebih kecil 75 gram (setengah cangkir) dalam kelompok berisiko ini.

"Ada kemungkinan bahwa asupan harian yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk manfaat kesehatan jantung pada populasi obesitas yang berisiko, dibandingkan dengan populasi umum."

Sementara para peneliti tidak mengungkapkan mengapa blueberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung, temuan menunjukkan bahwa mengonsumsi buah bisa menjadi cara mudah untuk mengurangi risiko Anda.

Loading...
Loading...

Berita Terkait