Sabtu, 01 Juni 2019 13:17 WITA

Hawaii Waspada Infeksi Cacing Otak

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hawaii Waspada Infeksi Cacing Otak

RAKYATKU.COM - Hawaii telah mengeluarkan peringatan kepada pengunjung setelah sejumlah orang terinfeksi oleh cacing parasit yang bersembunyi di otak.

Cacing parasit biasanya tumbuh di siput di mana larva berkembang sampai cukup dewasa untuk menjadi infeksi sendiri, dikutip dari Sky News, Sabtu (1/6/2019).

Seringkali siput dimakan oleh tikus - memberikan parasit nama cacing paru tikus - tetapi kadang-kadang mereka bisa dimakan oleh manusia.

Pada inang manusia, parasit memakan jaringan otak yang menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai meningitis eosinofilik yang melibatkan kerusakan parah dan permanen, dan kadang-kadang bahkan kematian.

Departemen kesehatan Hawaii dan pusat-pusat pengendalian dan pencegahan penyakit mengeluarkan peringatan setelah tiga diagnosis baru dari parasit yang berpotensi fatal.

Menurut peringatan itu, salah satu dari orang-orang itu menjadi terinfeksi setelah "sengaja makan siput dengan berani" ketika mengunjungi negara bagian itu, sementara dua lainnya makan salad dan buah yang tidak dicuci.

Loading...

Jumlah infeksi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Lima infeksi telah dikonfirmasi pada 2019 sejauh ini, sementara ada 10 infeksi pada 2018.

Tahun sebelumnya, 17 orang didiagnosis dengan infeksi parasit.

Otoritas Hawaii mengatakan: "Sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa pengunjung kami mengetahui tindakan pencegahan yang harus diambil untuk mencegah penyakit cacing paru-paru tikus, yang dapat memiliki efek jangka panjang yang parah.

"Mendapatkan informasi kepada pengunjung tentang penyakit ini sama pentingnya dengan meningkatkan kesadaran di antara penduduk kami."

Tags
Loading...
Loading...