Selasa, 28 Mei 2019 18:28 WITA

7 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Editor: Suriawati
7 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Tekanan Darah Rendah
INT

RAKYATKU.COM - Tekanan darah tidak lain adalah tekanan darah terhadap dinding arteri. Kisaran tekanan darah normal adalah 120/80 mm Hg (atau kurang dari 140/90).

Ketika tekanan darah Anda kurang dari 100/60 mm Hg, itu dianggap sebagai tekanan darah rendah atau dalam istilah medis, hipotensi.

Kondisi ini dapat menyebabkan pusing, sensasi muntah dan pingsan. Dalam kasus yang parah, tekanan darah rendah bisa mengancam jiwa.

Untungnya, ada makanan dan minuman tertentu dapay membantu meningkatkan tekanan darah kita secara instan. Mari kita lihat!

1. Air
Obat pertama untuk tekanan darah rendah adalah air minum. Terkadang, tekanan darah rendah bisa karena dehidrasi. Jika tubuh Anda kehilangan cairan karena panas, muntah, atau buang air kecil, maka minumlah air dan segera hidrasi diri Anda. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti semangka, jeruk dll.

2. Kopi hitam
Jika Anda merasa tekanan darah Anda rendah dan merasa pusing, minumlah sekitar setengah cangkir kopi hitam kental. Kafein yang terkandung dalam kopi hitam membantu meningkatkan tekanan darah secara instan.

3. Delima
Salah satu solusi alami yang paling banyak digunakan untuk hipotensi adalah buah delima. Anda dapat mengkonsumsinya begitu saja atau meminumnya dalam bentuk jus.

Loading...

4. Kismis
Kismis kaya akan kalium, sehingga menjadikannya salah satu solusi terbaik untuk tekanan darah rendah.

Rendam sekitar 10-20 kismis dalam air dan biarkan semalaman. Makan kismis di pagi hari serta minum air rendamannya! Lanjutkan selama sekitar satu minggu.

5. Garam
Konsumsi lebih banyak garam atau makanan asin dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Anda juga bisa mencampur segelas air dengan ½ sendok teh garam dan minum itu dua kali sehari.

6. Madu
Jika Anda merasa pusing karena tekanan darah rendah, ambil satu sendok madu dan campurkan dengan segelas air. Tambahkan sejumput garam ke dalamnya, lalu minum.

7. Daun kemangi
Obat herbal ini sangat efektif menyembuhkan tekanan darah rendah. Caranya, hancurkan 10-15 lembar daun kemangi, ambil airnya dan campur dengan satu sendok teh madu. Minum di pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Loading...
Loading...