Minggu, 26 Mei 2019 10:28 WITA

Tidur Sembilan Jam Semalam Bisa Berdampak Buruk Pada Ingatan

Editor: Suriawati
Tidur Sembilan Jam Semalam Bisa Berdampak Buruk Pada Ingatan
INT

RAKYATKU.COM - Tidur selama sembilan jam semalam bisa berdampak buruk bagi ingatan, sama halnya jika hanya tidur lima jam.

Diketahui bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam semalam dapat mengalami masalah memori.

Tetapi sebuah penelitian baru menemukan efek yang sama pada mereka yang mendapatkan tidur panjang selama sembilan jam per malam.

Dalam penelitian ini, para peneliti melihat hasil tes memori pada hampir 400.000 orang yang diminta untuk mencocokkan enam pasang kartu tersembunyi setelah menghafal posisi mereka.

Hasilnya, mereka yang melaporkan tidur selama sembilan jam membuat kesalahan yang sama dengan orang yang tidur lima jam atau kurang.

Mereka membuat 5 persen lebih banyak kesalahan dalam permainan kartu, yang turun menjadi dua persen ketika faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin diperhitungkan. 

Loading...

Dan mereka yang tidur selama sepuluh jam membuat kesalahan 11 persen lebih banyak.

Para ahli percaya bahwa orang yang tidur terlalu lama mungkin memiliki kualitas tidur yang buruk, yang mencegah daerah otak berkomunikasi dengan baik dan menempatkan mereka pada risiko masalah kognitif.

"Beberapa orang mungkin berpikir bahwa tidur selama yang Anda suka baik-baik saja, tetapi temuan kami menunjukkan bahwa tidur terlalu lama dapat memengaruhi daya ingat," kata Dr Victoria Garfield, penulis senior studi dari UCL.

Penelitian ini  diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology.

Tags
Loading...
Loading...