Sabtu, 25 Mei 2019 17:19 WITA

Mengejan Terlalu Keras saat BAB, Wanita Ini Hilang Ingatan

Editor: Nur Hidayat Said
Mengejan Terlalu Keras saat BAB, Wanita Ini Hilang Ingatan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sembelit rupanya bisa membuat hilang ingatan. Melansir Asia One, seorang wanita Hong Kong kehilangan ingatannya setelah mengejan berlebihan saat buang air besar (BAB).

Anggota keluarga pun segera membawanya ke rumah sakit setelah mengetahui ada ingatan yang hilang. Namun, dokter memeriksa bahwa fungsi otaknya normal.

Kehilangan ingatan berlangsung selama delapan jam. Anehnya, setelah dia pulih, wanita itu tidak ingat sama sekali tentang dirinya yang mengejan berlebihan saat BAB hingga menyebakannya amnesia sesaat.

Ahli saraf Dr Peng Jiaxiong menjelaskan fenomena itu secara medis dikenal sebagai transient global amnesia. Yakni kondisi yang dikenal sebagai ketidakmampuan katup jugularis internal, di mana aliran darah ke otak terganggu.

Loading...

Ini bisa menyebabkan kekurangan oksigen yang dikirim ke otak pada saat aktivitas karena sembelit.

Dokter menambahkan kejadian seperti itu jarang terjadi. Selain penderita sembelit, mereka yang mengangkat benda berat atau mengalami emosi yang intens berada pada risiko yang lebih besar.

Dia menyarankan mereka yang mengalami gejala kehilangan ingatan setelah aktivitas tertentu harus segera mencari perhatian medis, sebab pasien tersebut memiliki kemungkinan 30 persen lebih tinggi untuk menderita stroke.

Loading...
Loading...