Rabu, 22 Mei 2019 11:08 WITA

Daging Putih Vs Daging Merah: Mana yang Lebih Sehat?

Editor: Suriawati
Daging Putih Vs Daging Merah: Mana yang Lebih Sehat?
INT

RAKYATKU.COM - Daging merupakan sumber protein, vitamin dan mineral, yang menawarkan manfaat untuk kesehatan. Tetapi, daging mana yang paling sehat? Daging merah atau daging putih? 

Daging merah terdiri dari daging sapi, kambing, dan domba. Sedangkan daging seperti ayam, ikan, dan bebek masuk kategori daging putih.

Kedua jenis daging ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baca terus untuk mengetahui mana yang lebih sehat!

Daging merah
Daging merah diperkaya dengan zat gizi mikro seperti, seng, zat besi, vitamin B6 dan vitamin B12, tiamin dan riboflavin.

Mengonsumsi daging merah dipercaya dapat membantu melawan defisiensi seperti anemia.

Namun daging ini memiliki kelemahan. Daging merah lebih tinggi lemaknya, terutama lemak jenuh.

Seperti diketahui, mengonsumsi  terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker kolorektal.

Loading...

Ketika Anda memanggang atau memasak daging merah pada suhu tinggi, ia mulai membentuk zat karsinogenik yang merupakan penyebab kanker. Jadi sangat disarankan untuk menghindari memasaknya dengan suhu tinggi.

Banyak penelitian, menganjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 455g daging merah per minggu untuk mengurangi risiko kanker.

Daging putih
Daging putih juga dikenal sebagai daging unggas. Ini dianggap sebagai pilihan yang lebih baik karena mengandung lebih sedikit kalori, lebih sedikit lemak dan juga lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan dengan daging merah. 

Tetapi jika Anda makan daging putih bersama dengan kulitnya, maka itu akan memiliki kalori dan lemak yang hampir sama dengan daging merah.

Mana yang lebih baik?
Jadi, daging putih dan merah memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda makan daging, maka sebaiknya adalah ide bagus untuk memasukkan tidak mengonsumsinya berlebihan, agar manfaatnya tetap diperoleh dan risiko kesehatannya terhindarkan.

Loading...
Loading...