Rabu, 22 Mei 2019 04:30 WITA

Mandi Setiap Hari Ternyata Bisa Merusak Kekebalan Tubuh

Editor: Fathul Khair Akmal
Mandi Setiap Hari Ternyata Bisa Merusak Kekebalan Tubuh
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Selama ini semua orang pasti mengira mandi secara rutin dua kali sehari sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan badan. Ternyata menurut penelitian, mandi setiap hari justru berdampak buruk pada kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa mandi setiap hari dapat mengganggu keseimbangan mikroba di kulit kita.

Pada dasarnya, sabun dan air dapat membersihkan atau merusak keseimbangan mikroba di kulit kita yang berfungsi menjaga kulit agar tetap sehat.

Bakteri ini diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung dan hati kita berfungsi dengan baik. Mandi setiap hari juga membuat kulit kering dan berpotensi besar menyebabkan jerawat. Apalagi jika kulitmu sangat sensitif atau mudah berjerawat.

Namun, dalam kondisi tertentu para ilmuwan juga menyarankan untuk mandi secara rutin setiap hari. Kondisi tertentu yang dimaksud jika kamu aktif berkegiatan di luar ruangan terkena panas maupun berolahraga yang membuat tubuh selalu berkeringat.

Loading...

Holly L. Phillips, pakar kesehatan menjelaskan alasannya mengapa seseorang dengan kondisi tertentu dianjurkan untuk mandi secara rutin.

"Mereka harus mandi setiap hari bukan karena bau keringat. Tapi, keringat yang menempel di kulit memungkinkan bakteri berkembang biak dan itu bisa menyebabkan ruam maupun jerawat," jelasnya dikutip dari suara.com.

Intinya, jika kamu tidak terlalu banyak aktivitas yang membuat berkeringat tidak perlu mandi secara rutin 2 kali sehari. Tetapi, jika kegiatanmu sangat menguras tenaga hingga berkeringat maka mandilah secara rutin sesuai saran pakar kesehatan.

Loading...
Loading...