Senin, 20 Mei 2019 17:10 WITA

Mana yang Lebih Sehat, Kuning Telur atau Putih Telur?

Editor: Suriawati
Mana yang Lebih Sehat, Kuning Telur atau Putih Telur?
INT

RAKYATKU.COM - Telur adalah makanan sehat, tapi banyak orang tidak menyukainya secara keseluruhan. Sebagian menyukai kuningnya saja, dan yang lain lebih memilih putihnya.

Dari sisi kesehatan, bagian manakah yang lebih sehat? Mari kita lihat!

Kuning telur
Ini adalah bagian bulat yang terletak di dalam putih telur. Embrio yang tumbuh di dalam telur akan diberi makan dari kuning telur.

Kuning telur adalah sumber utama vitamin dan mineral. Mereka mengandung semua lemak dan kolesterol telur dan sekitar setengah dari protein telur.

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin, seperti Vitamin B6, B-12, A, D, E dan K, serta folat. Mereka juga merupakan sumber mineral yang baik seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium dan selenium.

Bagian kuning telur juga menawarkan zat besi dan karotenoid dosis tinggi. Perlu dicatat bahwa kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang merupakan sumber vitamin D alami.

Kuning telur juga mengandung asam lemak omega-3, dan asam lemak arakidonat omega-6. Keduanya baik untuk otak dan fungsi retina, kulit, libido, rambut, reproduksi dan pertumbuhan yang sehat.

Dari segi kesehatan, kuning telur membantu meningkatkan kesehatan hato dan jantung karena vitamin, mineral, dan nutrisi yang berlimpah ada di dalamnya.

Kuning telur juga merupakan makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan.

Namun, kuning telur mengandung kolesterol, yang dapat berbahaya bagi jantung, oleh karena itu disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi kuning telur jika Anda mengalami kondisi terkait jantung.

Loading...

Putih telur
Ini adalah bagian putih yang menutupi kuning telur. Ini juga merupakan salah satu sumber protein. Berbeda dengan kuning telur, putih telur adalah bagian bebas kolesterol dari telur dan menawarkan kalori lebih rendah.

Selain sebagai sumber protein, putih telur juga kaya akan mineral seperti natrium, kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Bagian putih ini bebas lemak, yang membuatnya menjadi makanan yang bagus untuk mendapatkan protein sehat sambil menghindari terlalu banyak kalori.

Putih telur adalah makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot.

Karena putih telur sangat rendah lemak dan kolesterol, itu adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang memiliki kondisi jantung dan penderita diabetes.

Putih telur juga efektif dalam mengendalikan sekresi minyak pada kulit, sehingga menjadikannya pilihan yang bagus untuk perawatan kulit.

Jadi mana yang lebih baik?
Baik kuning telur dan putih telur kaya akan vitamin dan mineral.

Meskipun putih telur dan kuning telur mengandung mineral ini, namun kuning telur memiliki jumlah paling besar. Tapi kandungan kolesterol dalam kuning telur adalah kelemahan terbesarnya.

Jika Anda tidak memiliki masalah jantung maka kuning telur yang terbaik. Tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka sebaiknya pilih putih telur!

Loading...
Loading...