Jumat, 17 Mei 2019 08:00 WITA

12 Cara Melenyapkan Flek Hitam di Wajah

Editor: Adil Patawai Anar
12 Cara Melenyapkan Flek Hitam di Wajah

RAKYATKU.COM - Cara menghilangkan flek hitam banyak sekali dicari anak muda dan remaja yang mengalami masalah kepercayaan diri karena jerawat pada wajahnya. Di samping membuat tampilan wajah menjadi lebih kusam dan kurang segar, jerawat pun bisa membekas dan memberikan flek-flek hitam yang bisa bertahan hingga waktu yang sangat lama.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Adanya flek-flek hitam bekas jerawat tentu bisa memengaruhi kepercayaan diri dengan signifikan. Nah, Teman Sehat! beruntung kini ada beberapa cara alami dan produk topikal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan flek-flek hitam tersebut. Berikut ini 12 cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kalian lakukan:

1. Madu
Banyak orang yang memilih untuk memakai obat-obatan, khususnya obat oles demi menghilangkan berbagai masalah flek hitam akibat jerawat ini. Padahal, kita juga bisa memakai cara alami yakni dengan memakai madu. Madu sendiri memang memiliki banyak khasiat, baik bagi tubuh dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada kulit wajah.

Madu memiliki kandungan antibakteri yang mampu memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Caranya, oleskan madu pada flek hitam bekas jerawat sesaat sebelum tidur kemudian bersihkan wajah dengan air di pagi hari. Cara ini bisa dilakukan dengan rutin hingga flek hitam berangsur menghilang.

2. Lemon
Anda juga bisa memakai air perasan lemon untuk menghilangkan flek bekas jerawat. Gunakan air perasan satu buah lemon segar dan campurkan dengan satu gelas air. Campuran air dengan perasan lemon bisa kita oleskan ke kulit yang mengalami flek hitam, setelah didiamkan beberapa saat kita bisa membilasnya dengan air. Cara menghilangkan flek hitam di wajah ini diyakini bisa mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan lebih segar.

3. Lidah buaya
Kita juga bisa memakai lidah buaya untuk membersihkan dan membuat kulit wajah lebih sehat. Gunakan batang lidah buaya dan ambil gel dari lidah buaya tersebut untuk dioleskan pada flek hitam bekas jerawat. Setelah didiamkan beberapa saat, bersihkan wajah dengan air dan jika anda melakukan hal ini rutin setiap hari, maka flek hitam jerawat pun segera hilang dan anda tidak akan lagi khawatir dengan tampilan wajah anda karena masalah flek hitam bekas jerawat akan hilang dengan cepat.

4. Yoghurt atau buttermilk
Produk berbahan susu ini mengandung banyak asam laktat, yang dapat mencerahkan dan mengelupas kulit. Anda dapat menggunakan yoghurt atau buttermilk langsung ke kulit Anda seperti masker dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Nah, mudah kan, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat?

5. Cuka sari apel
Kaya akan antioksidan dan mineral, cuka sari apel adalah produk rumahan yang populer digunakan untuk mengobati segala macam penyakit. Mereka yang memiliki jaringan parut dan pigmentasi biasanya menggunakan obat sederhana ini karena asam alfa hidroksi dapat menghilangkan sel kulit mati.

Caranya campurkan cuka sari apel dengan air. Anda dapat menerapkan campuran ini dengan pH seimbang di seluruh wajah yang mengalami flek hitam, sehingga berfungsi sebagai toner. Namun, jika Anda tidak menyukai baunya, biarkan larutan tersebut bertahan selama 20 menit sebelum membilasnya.

6. Kentang
Selain enak dikonsumsi, kentang juga bermanfaat merawat kecantikan kulit. Pati dan gula – komponen kunci dari kentang – dapat mengangkat sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Vitamin B6, vitamin C, potasium, seng, dan fosfor – mineral yang meremajakan produksi kolagen di kulit Anda, juga ditemukan dalam sayuran akar ini. Kentang adalah gudang berbagai mineral yang bekerja sama untuk memberikan banyak manfaat perawatan kulit.

Ada banyak cara menggunakan kentang untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Salah satu cara yang termudah adalah dengan mengiris kentang menjadi irisan tipis. Oleskan sedikit air ke irisan kentang untuk membuatnya basah dan letakkan di area kulit berbintik-bintik gelap. Biarkan irisan kentang selama 10 menit.

7. Buttermilk
Buttermilk adalah cairan asam yang terbuat dari susu sapi, yang bisa digunakan untuk melembutkan adonan tanpa menambahkan banyak lemak.

Pada dasarnya, asam laktat yang ditemukan dalam buttermilk juga merupakan jenis asam alfa hidroksil. Asam laktat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah Anda dan mencerahkan flek hitam.

Loading...

Sementara itu ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, dengan menggunakan beberapa produk topikal, di antaranya:

8. Hidrokuinon
Banyak perawatan topikal di pasar yang menjanjikan untuk menghilangkan flek hitam. Pilih salah satu produk yang mengandung hidrokuinon, agen pemutih yang membantu menghilangkan flek yang aman digunakan pada kulit. Juga dapat menggunakan salah satu yang mengandung asam kojic, yang memiliki sifat mencerahkan kulit.

9. Retinoid
Ini adalah produk kuat yang terbuat dari vitamin A, yang dapat mendorong pergantian sel lebih cepat. Ketika sel-sel kulit tua mati, produk ini membantu pertumbuhan kulit baru.

Caranya dengan mengoleskan tipis-tipis pada lapisan kulit yang mengalami flek hitam. Retinoid juga menghambat produksi melanin (pigmen yang dihasilkan kulit Anda yang menciptakan bintik-bintik gelap atau cokelat).

Jika Anda membeli obat tanpa resep, bahan yang akan Anda temukan disebut “retinol,” merupakan vitamin A yang secara alami terjadi di kulit. Bentuk vitamin A ini tidak sama kuatnya dengan retinoid.

Retinoid hanya resep dan termasuk dalam tiga nama ini:

- Tretinoin, termasuk merek Atralin, Retin-A, Retin-A Micro, dan Renova
- Tazarotene, seperti merek Tazorac
- Adapalene, seperti merk Differin

Produk ini 100 kali lebih kuat daripada retinol yang biasa digunakan.

10. Asam salisilat
Anda mungkin pernah mendengar tentang asam salisilat yang digunakan untuk mengobati jerawat, tetapi juga dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam. Asam salisilat bermanfaat melembutkan kulit luar Anda dan kemudian mengelupas. Ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memungkinkan sel-sel baru muncul ke permukaan.

11. Asam glycolic
Ini adalah AHA (alpha hydroxy acid) yang berasal dari gula dan bekerja sebagai eksfoliator alami, yang mampu mengelupas kulit mati untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dermatolog menyarankan menggunakan produk dengan setidaknya 10% asam glikolat untuk mendapatkan hasilnya.

12. Perawatan medis
Jika Anda ini menghilangkan flek hitam secara cepat, Anda dapat memilih perawatan medis. Perawatan umum untuk flek hitam termasuk chemical peels, mikrodermabrasi, dan terapi laser. Chemical peel dan microdermabrasion membantu regenerasi kulit dengan mengangkat lapisan atas kulit. Terapi laser melibatkan penggunaan berbagai jenis laser yang mengurangi sel melanin pada area tertentu di wajah. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda dan tanyakan tentang perawatan mana yang terbaik untuk jenis kulit Anda.

Loading...
Loading...