Kamis, 16 Mei 2019 04:02 WITA

Kenali Serangan Jantung Diam-diam oleh Sinyal Ini

Editor: Aswad Syam
Kenali Serangan Jantung Diam-diam oleh Sinyal Ini
Ilustrasi jantung

RAKYATKU.COM - Terkadang, serangan jantung berlalu tanpa disadari.

Kita hampir tidak percaya ini, tetapi menurut penelitian Amerika, hampir setengah dari semua serangan jantung terjadi tanpa disadari. Ketika seseorang tidak menyadari bahwa mereka mengalami serangan jantung, itu disebut serangan jantung diam. 

Setelah mengalami serangan jantung diam, Anda tiga kali lebih mungkin meninggal karena gagal jantung atau masalah kesehatan lainnya. 

Jadi, meskipun Anda hampir tidak menyadarinya, itu pasti berbahaya! Ini adalah sinyal yang akan membantu Anda mengenali serangan jantung diam.

Sangat penting untuk dapat mengenali serangan jantung diam.

Serangan jantung diam
Ini kedengarannya tidak masuk akal, tetapi ada kemungkinan untuk tidak melihat serangan jantung saat Anda mengalaminya. Mungkin Anda merasa sedikit lebih lelah dari biasanya, atau Anda mengalami palpitasi atau keringat berlebih - tetapi ini juga bisa menjadi gejala dari sesuatu yang sangat berbeda, tentu saja. 

Sebagai contoh, ini juga merupakan gejala menopause yang sangat umum. Karena itu, banyak wanita serta dokter tidak akan langsung memikirkan penyakit jantung dalam kasus ini.

Loading...

Risiko yang lebih tinggi
Setelah serangan jantung diam, yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, Anda berisiko lebih tinggi meninggal karena gagal jantung atau menambah komplikasi. Ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian di Amerika, yang diterbitkan di  Circulation , majalah yang terhubung dengan American Heart Association.

Bagaimana Anda tahu jika Anda mengalami serangan jantung diam?
Ini sulit karena Anda tidak. Hanya EKG yang dapat menunjukkan apakah Anda pernah mengalami serangan jantung. Itu sebabnya ahli kandungan menyarankan wanita di atas 50 tahun untuk memeriksakan kadar kolesterol, tekanan darah dan gula darah setiap beberapa tahun. Setelah menopause, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit hormon estrogen. Kurangnya estrogen sama dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, seperti serangan jantung.

Gejala
Gejala paling umum dari serangan jantung adalah sensasi tekanan atau sesak di dada yang: 

  • dapat melakukan perjalanan ke lengan atas, leher, punggung, rahang, dan perut Anda
  • berlangsung lebih lama dari lima menit, bahkan saat istirahat
  • bisa datang bersamaan dengan berkeringat, muntah atau mual

Gejala-gejala berikut juga umum:

  • Nyeri di perut (atas), rahang, punggung atau leher
  • Nyeri di antara tulang belikat
  • Sesak napas
  • Kelelahan ekstrim
  • Pusing atau vertigo
  • Perasaan gelisah, cemas, napas cepat
  • Mual atau muntah
  • Kiat

Karena wanita sering memiliki gejala yang tidak jelas, penting untuk memberi tahu dokter Anda segera setelah Anda mencurigai ada sesuatu yang salah. Selain itu, Anda dapat mencoba mencegah masalah jantung dengan berolahraga secara teratur dan makan sehat.

Loading...
Loading...