Rabu, 15 Mei 2019 16:04 WITA

Lem Ajaib ini Bisa Menutup Luka Fatal di Organ Dalam Hitungan Detik

Editor: Suriawati
Lem Ajaib ini Bisa Menutup Luka Fatal di Organ Dalam Hitungan Detik
Foto: Universitas Kedokteran Zhejiang

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan telah berhasil mengembangkan 'lem ajaib' yang bisa menutup luka fatal dalam hitungan detik.

Dinamai bio-glue, gel itu telah diuji pada organ babi. Hewan ini dipilih karena organ mereka berukuran sama dengan manusia.

Hasilnya menunjukkan bahwa itu mampu membentuk segel di sekitar lubang jaringan hanya dalam 20 detik setelah diaktifkan dengan sinar UV.

Selanjutnya, tiga babi yang terlibat dalam percobaan dimonitor untuk periode dua minggu, dan mereka pulih sepenuhnya tanpa kelainan atau efek samping.

Lem Ajaib ini Bisa Menutup Luka Fatal di Organ Dalam Hitungan DetikInovasi ini dibuat oleh para ilmuwan di Universitas Kedokteran Zhejiang di China.

Bio-glue terdiri dari air, gelatin dan campuran bahan kimia yang disuntikkan ke jaringan yang terluka. 

Loading...

Setelah diaktifkan, itu akan membentuk segel tahan air dan menghentikan kebocoran cairan seperti darah.

Peneliti mengatakan bahwa lem itu dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pasien selama operasi jantung, atau dalam keadaan darurat di mana akses medis terbatas seperti zona perang dan serangan teroris. 

Lem ini juga efektif bahkan pada jaringan basah. Dengan demikian, itu akan menggantikan staples atau jahitan untuk menutup luka.

"Dengan sinar UV atau serat optik, bahan ini berpotensi digunakan untuk menyegel sepenuhnya tanpa jahitan, yang membuatnya menjadi lem bio yang menjanjikan untuk digunakan dalam pembedahan dan pembekuan darurat," kata peneliti, Profesor Hongwei Ouyang.

Profesor Ouyang berharap teknologi itu akan tersedia untuk digunakan pada manusia dalam tiga tahun.

Loading...
Loading...