Kamis, 14 April 2016 17:26 WITA

Bahaya! Kecanduan Gula Sama Buruknya dengan Kecanduan Kokain

Editor: Suriawati
Bahaya! Kecanduan Gula Sama Buruknya dengan Kecanduan Kokain
Gula

RAKYATKU.COM - Gula dicintai banyak orang karena rasanya yang manis. Tapi peneltian terbaru menunjukkan bahwa gula sangat adiktif. Bahkan, bisa membuat kecanduan sama seperti tembakau, kokain dan morfin.

Peneliti dari Queensland University of Technology, juga menyimpulkan bahwa asupan gula yang banyak dapat menyebabkan gangguan makan dan berdampak pada perilaku sehari-hari.

"Konsumsi gula berlebih telah terbukti memberikan kontribusi langsung terhadap kenaikan berat badan," kata Profesor Selena Bartlett, yang bekerja di Institut Kesehatan QUT dikutip dari Science Daily.

"Ini juga telah terbukti meningkatkan kadar dopamin yang mengontrol kesenangan di otak dengan cara kerja yang sama dengan tembakau, kokain dan morfin," katanya.

loading...

Dia menjelaskan, konsumsi gula dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penurunan kadar dopamin. Ini berarti pecinta gula akan membutuhkan lebih banyak gula.

Parahnya lagi, gula bisa mempengaruhi suasana hati dan motivasi.

Studi ini menemukan bahwa obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kecanduan gula adalah varenicline. Ini adalah obat yang sama yang digunakan untuk mengobati kecanduan nikotin

Loading...
Loading...