Minggu, 12 Mei 2019 23:01 WITA

8 Makanan Ini Bisa Bikin Kita Lebih Bahagia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
8 Makanan Ini Bisa Bikin Kita Lebih Bahagia
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Makan memang bisa membuat kita lebih bahagia. Tak hanya membuat perut menjadi kenyang, makan bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi tubuh.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa memperbaiki kesehatan mental kita dengan lebih baik. Apa sajakah makanan tersebut?

Beberapa makanan yang bisa membantu kita lebih bahagia

Jika kita sedang mengalami masalah mood atau suasana hati, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mengatasinya sekaligus membuat tubuh menjadi lebih bahagia.

Dilansir laman Doktersehat, berikut adalah makanan-makanan yang bsia membuat kita lebih bahagia tersebut.

1. Buah pisang

Penelitian bertajuk Ara de Marderosian yang dilakukan di University of the Sciences menghasilkan fakta bahwa pisang bisa membuat kita menjadi lebih bahagia. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tryptophan yang bisa mempengaruhi keseimbangan kimia di dalam otak sehingga akhirnya membuat suasana hati membaik.

Selain itu, adanya kandungan vitamin B dan asam folat di dalam buah dengan rasa yang manis ini juga terbukti mampu mencegah datangnya depresi.

2. Cokelat hitam

Sudah menjadi rahasia umum jika makan cokelat bisa membuat bahagia. Hanya saja, jika kita mengonsumsi cokelat hitam, maka mood akan semakin membaik sekaligus mengatasi stres dan depresi.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan inilah yang bisa memperbaiki kondisi kesehatan psikis dan menurunkan hormon-hormon penyebab stres seperti kortisol.

3. Ikan salmon

Salah satu jenis ikan laut yang memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat ini ternyata juga bisa membuat kita lebih bahagia.

Ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya yang ternyata bisa mengatasi depresi dengan efektif. Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Pharmacological Research.

Loading...

4. Buah apel

Rutin makan apel setiap hari memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Tak hanya kesetan fisik, kesehatan psikis juga akan semakin meningkat. Kandungan di dalam buah ini juga bisa memberikan efek menenangkan pikiran, mengatasi stres, sekaligus meningkatkan energi tubuh. Hal ini tentu bisa membuat kita menjadi lebih bahagia.

5. Kopi

Banyak orang yang sedang stres atau buntu pikirannya memilih untuk minum kopi demi membantu pikiran menjadi lebih segar. Menurut pakar kesehatan, kopi memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul JAMA Internal Medicine, dihasilkan fakta bahwa rutin minum kopi memang bisa menurunkan risiko depresi dengan efektif.

6. Bayam

Salah satu jenis sayuran yang paling sering kita konsumsi ini ternyata juga bisa membantu kita lebih bahagia, lho. Tak hanya tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, bayam ternyata juga tinggi kandungan folic acid yang bisa membantu menurunkan depresi. Tubuh juga akan terasa lebih berenergi setelah mengonsumsi bayam.

7. Jamur

Jika kita kekurangan asupan vitamin D akibat jarang terpapar sinar matahari, maka risiko untuk mengalami depresi, gangguan suasana hati, dan masalah psikis lainnya akan meningkat.

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengimbanginya dengan cara banyak mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin D yang tinggi. Salah satu makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut adalah jamur.

8. Kunyit

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Melbourne, dihasilkan fakta bahwa kandungan di dalam kunyit, yakni kurkumin bisa mengatasi depresi dan meningkatkan suasana hati. Rutin mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kunyit tentu akan membuat kita lebih mudah merasa bahagia.

 

Loading...
Loading...