Kamis, 09 Mei 2019 13:17 WITA

Tips Lancar Berpuasa untuk Penderita Diabetes

Editor: Suriawati
Tips Lancar Berpuasa untuk Penderita Diabetes
INT

RAKYATKU.COM - Berpuasa dapat memberikan efek baik terhadap kesehatan. Namun, itu mungkin akan menimbulkan efek negatif bagi mereka yang menderita penyakit kronis seperti diabetes.

Tapi bukan berarti itu menjadi alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Nah, agar puasa lancar, berikut tips puasa bagi Anda yang menderita diabetes.

1. Konsumsi makanan Indeks Glikemik rendah
Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah saat sahur dan berbuka.

Makanan dengan Indeks Glikemik yang rendah termasuk roti atau sereal gandum, sayuran hijau, buah-buahan, dan beras merah.

2. Perbanyak minum air putih
Air putih dapat membuat kadar gula tetap stabil dan mengontrol konsentrasinya. Selain itu, air putih juga dapat mencegah dehidrasi selama puasa. Disarankan minum cukup air selama berbuka, setelah tarawih dan sahur.

3. Hindari konsumsi gorengan
Gorengan umumnya mengandung banyak lemak trans yang tidak sehat. Jika dikonsumsi, itu dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Loading...

4. Hindari konsumsi kafein
Kafein memiliki sifat diuretik, yang dapat meningkatkan intensitas buang air kecil. Mengapa itu tidak baik? Terlalu sering buang air akan mempercepat berkurangnya cairan dalam tubuh kamu. Pada akhirnya itu akan memicu terjadinya kondisi hipoglikemia, dimana tubuh menjadi sangat lemas bahkan sampai tak sadarkan diri.

5. Jaga porsi makan
Porsi makanan saat puasa harus disesuaikan, yaitu 50% saat sahur, 40% saat berbuka dan 10% setelah tarawih.

6. Periksa gula darah
Penusukan jarum ke dalam kulit untuk pemeriksaan gula darah tidak akan membatalkan puasa. Jadi, periksa gula darah Anda secara teratur, terutama apabila Anda merasakan sakit.

7. Batalkan puasa
Penderita diabetes dianjurkan membatalkan puasa jika kadar gula darahnya <70 mg/dl atau >300 mg/dl.

Loading...
Loading...