Sabtu, 27 April 2019 19:12 WITA

Apa itu Abses Gigi dan Bagaimana Pengobatannya?

Editor: Suriawati
Apa itu Abses Gigi dan Bagaimana Pengobatannya?
INT

RAKYATKU.COM - Abses gigi adalah gelembung yang muncul di mulut akibat infeksi bakteri. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri sedang hingga berat. Dalam kasus yang parah, rasa sakit dapat menyebar ke leher atau telinga.

Pada tahap awal, abses akan disertai dengan sakit gigi sederhana yang normal, tapi setelah infeksi menyebar ke ujung akar atau di sekitar akar, rasa sakit akan menjadi tak tertahankan.

Abses gigi harus segera dirawat, karena jika tidak, itu bisa berubah menjadi kondisi yang mengancam jiwa.

Perawatan gigi abses
Perawatan akan tergantung pada gejala dan juga keparahan kondisinya.

Pengurasan abses:
Potongan kecil akan dibuat di abses oleh dokter gigi, untuk mengeringkan nanah. Prosesnya akan ditindaklanjuti dengan membersihkan area yang terkena larutan saline.

Loading...

Prosedur saluran akar:
Prosedur ini melibatkan pengeboran ke gigi yang terkena, untuk mengeringkan abses dan menghilangkan infeksi. Setelah itu, ruang pulpa dan saluran akar akan diisi dan disegel. Ini akan ditindaklanjuti dengan memasang tutup pada gigi Anda.

Pencabutan gigi:
Jika kerusakannya terlalu parah, dokter gigi akan merekomendasikan gigi untuk dicabut sebelum mengeringkan abses.

Menghilangkan benda asing:
Jika abses disebabkan oleh benda asing seperti biji atau kernel popcorn, dokter gigi akan membuangnya dan menyelesaikan proses dengan membersihkan area menggunakan larutan garam.

Antibiotik:
Jika infeksi menyebar di luar area abses atau jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dokter gigi akan meresepkan antibiotik oral untuk membantu membersihkan infeksi dan memberikan pereda nyeri.

Loading...
Loading...