Sabtu, 27 April 2019 12:19 WITA

Kisah Nyata Pria yang Bertahan Hidup Tanpa Makan Apa Pun Selama 382 Hari

Editor: Suriawati
Kisah Nyata Pria yang Bertahan Hidup Tanpa Makan Apa Pun Selama 382 Hari
Angus Barberi

RAKYATKU.COM - Berpuasa selama lebih dari setahun mungkin terdengar seperti legenda.

Tapi sebuah jurnal medis tua mengungkapkan bukti ilmiah bahwa pernah ada seorang pria yang tidak makan apa pun selama 382 hari. Pria itu bernama Angus Barberi, berusia 27 tahun dari Skotlandia.

Studi kasus itu diterbitkan dalam di Postgraduate Medical Journal edisi 1973. 

Dikatakan bahwa Barberi berhenti makan selama 382 hari dalam upaya putus asa untuk menurunkan berat badan.

Dia selamat dari tantangan ekstrem itu, dan berhasil menurunkan berat badan menjadi 81 kg dari 206 kg.

Menurut dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Dundee, berat badan pria itu tetap stabil pada 196 pon (88 kilogram) lima tahun setelah menjalani puasa yang luar biasa panjang.

"Beberapa tahun yang lalu seorang pemuda yang sangat gemuk datang untuk berobat. Awalnya tidak ada niat untuk membuat puasanya menjadi berlarut-larut, tetapi karena ia beradaptasi dengan sangat baik dan ingin mencapai berat badan ideal-nya, puasanya dilanjutkan hingga tercatat sebagai puasa terlama (Guinness Book of Records, 1971),” tulis para dokter pada saat kasus itu diterbitkan.

Loading...

Pria itu tidak makan makanan padat, melainkan bertahan hidup dengan energi dari timbunan lemaknya yang berlimpah serta suplemen kalium, natrium, dan ragi, yang dianggap penting untuk fungsi biologis di dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatannya selama puasa, pasien itu juga sering mengunjungi rumah sakit untuk melakukan tes darah dan urin.

Dokter menggunakan hasil tes ini untuk memperkenalkan suplemen dan memperbaiki kekurangan apa pun.

Meskipun ini terdengar mengejutkan, rencananya benar-benar berhasil, dan Barberi tetap sehat-sehat saja.

Menurut laporan Chicago Tribune, pada saat Angus Barberi akhirnya kembali makan setelah puasa 382 hari, ia telah melupakan rasa makanan.

Dia makan telur rebus dengan sepotong roti dan mentega, dan mengatakan kepada wartawan "Saya benar-benar menikmati telur saya dan saya merasa sangat kenyang".

Tags
Loading...
Loading...