Jumat, 29 Juli 2016 11:02 WITA

BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Vkar Sammana
BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kanker Leher Rahim atau yang dikenal dengan nama kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Dalam rangka mendeteksi sejak dini penyakit tersebut BPJS Kesehatan KCU Makassar menggelar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pencanangan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Pap Smear) pada perempuan Indonesia.

Pemeriksaan yang digelar dalam rangka Ulang Tahun BPJS Kesehatan ke-48 ini gratis bagi peserta JKN-KIS dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Jumat (29/7/2016) hari ini.

Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Makassar, dr Elsa Novelia mengatakan, pelaksanaan IVA dan Pap Smear tersebut selain untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penderita kanker leher rahim, juga dilakukan dalam rangka mencapai Rekor MURI.

BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis“Deteksi dini kanker serviks masuk dalam skema pembiayaan program JKN-KIS, sehingga kaum perempuan yang merupakan peserta JKN-KIS dan ingin melakukan deteksi dini kanker serviks tidak perlu khawatir mengenai biaya, karena semuanya gratis," ungkap dr Elsa, Jumat (29/7/2016).

dr Elsa menambahkan, kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan.

loading...

"Persyaratan pendaftarannya mudah, antara lain membawa tanda peserta JKN-KIS (kartu aktif), mengisi formulir pendaftaran, sudah menikah atau pernah melakukan hubungan seksual, tidak pernah mengikuti program  Papsmear BPJS Kesehatan selama satu tahun terakhir," paparnya.

Sebelum mengikuti Papsmear, peserta tidak melakukan hubungan intim 48 jam atau dua hari sebelum pemeriksaan, tidak sedang dalam masa menstruasi pada saat pemeriksaan, selama 24 jam sebelum pemeriksaan tidak diperkenankan melakukan pencucian atau pembilasan vagina dan mamakai 
bahan-bahan antiseptik pada vagina, dan bagi penderita setelah bersalin, setelah operasi rahim, setelah radiasi sebaiknya datang 6-8 minggu kemudian.

Peserta khusus untuk Wilayah Kerja KCU Makassar, bisa melakukan pemeriksaan Papsmear di empat tempat, yaitu Prodia Jalan Sungai Saddang dan Prodia Jalan Boulevard pada pukul 08.00 - 15.00 Wita, Kimia Farma Ahmad Yani pukul 08.00 - 16.00 Wita, dan Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Makassar lantai dua pukul 08.00 - 16.00 Wita.

"Untuk pemeriksaan IVA akan dilaksanakan di Puskesmas Kabupaten/Kota yang telah ditentukan," ujar dr Elsa.

Pasca pelaksanaan Pemeriksaan IVA dan Papsmear dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke-48, lanjut dr Elsa, pelaksanaan pemeriksaan IVA dan Papsmear 
tetap dapat dilaksanakan secara rutin di fasilitas kesehatan yang bekerjasama melaksanakan pemeriksaan IVA dan Papsmear.

Loading...
Loading...