Rabu, 24 April 2019 13:17 WITA

Perawatan Efektif Untuk Mengobati Cacar Air

Editor: Suriawati
Perawatan Efektif Untuk Mengobati Cacar Air
INT

RAKYATKU.COM - Cacar air adalah penyakit yang sangat menular. Ini biasanya ditandai dengan ruam atau bintik-bintik kemerahan di seluruh tubuh.

Cacar air adalah infeksi virus yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). Kadang-kadang juga disebut sebagai varicella.

Virus cacar air dapat menyebar dengan sangat mudah hanya dengan menghirup udara yang sama dengan pasien yang terinfeksi atau menyentuhnya.

Selain sangat menular, infeksi virus ini dapat membuat banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit. 

Untungnya, gejala-gejala infeksi virus ini dapat dikurangi dengan menggunakan pengobatan alami.

Berikut beberapa pengobatan yang bisa Anda coba.

1. Lidah buaya
Siapkan beberapa lembar daun lidah buaya, dan ekstrak gelnya. Pindahkan ke wadah kedap udara. Oleskan gel segar ini pada ruam.

Simpan sisa gel di dalam kulkas. Ini aman digunakan hingga tujuh hari. Terapkan kembali gel tersebut 2-3 kali sehari.

Gel lidah buaya menenangkan dan mendinginkan kulit yang meradang dan gatal akibat cacar air. Ini melembabkan kulit, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membantu mengurangi rasa gatal. Oh ya, obat ini aman digunakan untuk cacar air pada bayi.

Loading...

2. Baking soda
Siapkan 1 cangkir baking soda, dan masukkan ke dalam bak mandi yang sudah dipenuhi air. Berendamlah di dalamnya selama 10-12 menit. Lakukan ini setiap hari.

Baking soda menenangkan ruam yang gatal dan meradang di kulit Anda. Ini juga memiliki sifat anti mikroba dan membantu pemulihan lebih cepat dari infeksi.

3. Cuka apel
Siapkan satu cangkir cuka apel, dan masukan ke dalam bak mandi. Rendam tubuh Anda selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

Jika Anda merasa cuka terlalu pedas, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial, seperti tea tree oil atau minyak lavender.

Cuka sari apel dapat meringankan rasa gatal, mengurangi jaringan parut, dan menyembuhkan bekas cacar.

4. Garam
Sama seperti cara di atas, masukkan beberapa sendok garam laut dan minyak lavender ke dalam bak mandi dan rendam tubuh Anda di dalamnya selama 10-15 menit. Lakukan ini sekali setiap hari.

Sifat anti mikroba dari garam laut dapat melawan kuman. Sifat anti-inflamasinya dapat menghilangkan rasa gatal.

Loading...
Loading...