Selasa, 23 April 2019 23:46 WITA

Keseringan Makan Daging, Bocah 9 Tahun Ini Kena Batu Ginjal

Editor: Fathul Khair Akmal
Keseringan Makan Daging, Bocah 9 Tahun Ini Kena Batu Ginjal

RAKYATKU.COM - Seorang bocah berusia 9 tahun yang berasal dari Shenzen, Tiongkok, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami nyeri pinggang yang luar biasa. Bocah bernama Xiaoxuan ini ternyata mengalami batu ginjal. Tak hanya di satu ginjal, kedua ginjalnya mengalami masalah kesehatan ini. Bagaimana bisa bocah seusia ini terkena masalah batu ginjal?

Batu ginjal akibat sering makan daging
Tak hanya rasa nyeri yang luar biasa, Xiaoxuan mengalami buang air kecil berdarah saat pergi ke kamar mandi. Ia pun langsung meminta orang tuanya mengantarkannya ke dokter. Saat menjalani berbagai macam pemeriksaan, barulah diketahui bahwa dirinya mengalami batu ginjal. Tak hanya di dua ginjanya, dokter menyebut ada batu yang tersangkut di saluran kemih sehingga memicu perdarahan saat buang air kecil.

Dikutip dari doktersehat.com, ternyata apa yang dialami oleh Xiaoxuan disebabkan oleh hobinya mengonsumsi daging-dagingan. Dokter menyebut di dalam daging terdapat kandungan barium dan perkusor strontium yang bisa memicu pembentukan batu kalsium oksalat di dalam ginjal atau saluran kemih. Hal inilah yang menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini.

Xiaoxuan pun langsung menjalani operasi laser demi menghancurkan 56 batu ginjal yang ada dalam tubuhnya. Salah satu batu ginjal di dalam tubuhnya bahkan diketahui sudah memiliki ukuran sebesar telur puyuh, cukup besar untuk ukuran tubuh anak berusia 9 tahun.

Beberapa penyebab datangnya batu ginjal yang sering tidak kita sadari
Selain karena kebiasaan makan daging, pakar kesehatan menyebut ada berbagai hal lain yang tanpa disadari juga bisa menyebabkan datangnya masalah batu ginjal.

Berikut adalah beberapa penyebab-penyebab tersebut.

Hobi mengonsumsi makanan laut
Sebenarnya, makanan laut tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, kita sebaiknya memang tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan makanan laut yang tinggi kandungan purin. Tak hanya menyebabkan kenaikan risiko terkena penyakit asam urat, purin juga bisa menyebabkan risiko munculnya batu ginjal meningkat dengan signifikan.

Loading...

Terlalu sering mengonsumsi teh dan cokelat
Teh dan cokelat sebenarnya termasuk dalam makanan yang baik bagi kesehatan tubuh, namun sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan oksalat di kedua makanan ini. Jika sampai mengonsumsi oksalat dengan berlebihan, maka risiko untuk terkena masalah batu ginjal akan meningkat.

Hobi mengonsumsi makanan asin
Makanan-makanan asin, termasuk camilan yang tinggi garam ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal, lho. Hal ini disebabkan oleh keberadaan sodium yang memang bisa mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Beberapa jenis makanan asin yang sering kita konsumsi dan sebaiknya mulai dibatasi demi mencegah masalah kesehatan ini adalah sarden, makanan instan termasuk mie instan, dan makanan kemasan lainnya. Selain itu, daging olahan seperti sosis dan nugget juga sebaiknya mulai kita kurangi.

Mengalami masalah obesitas
Tak hanya bisa membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah, pakar kesehatan menyebut berat badan berlebih atau obesitas sebagai penyebab dari datangnya masalah batu ginjal. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa pemilik masalah berat badan berlebih memiliki risiko terkena batu ginjal dua kali lebih besar dibandingkan dengan pemilik berat badan ideal.

Kurang minum
Penyebab utama masalah batu ginjal adalah kebiasaan kurang minum. Masalahnya adalah karena berbagai macam kesibukan kita terkadang melupakan pentingnya mencukupi kebutuhan air putih. Padahal, jika sampai hal ini terjadi, maka ginjal mengalami kesulitan untuk membuang berbagai zat sisa atau kelebihan mineral. Hal inilah yang nantinya akan mengendap menjadi batu ginjal.

Loading...
Loading...