Selasa, 23 April 2019 02:37 WITA

7 Sinyal yang Mengindikasikan Anda Mungkin Menderita Fibromyalgia

Editor: Aswad Syam
7 Sinyal yang Mengindikasikan Anda Mungkin Menderita Fibromyalgia
Ilustrasi Fibromyalgia

RAKYATKU.COM - Fibromyalgia adalah penyakit kronis yang menyebabkan Anda menderita rasa sakit, kekakuan dan kelelahan tanpa alasan yang jelas. 

Gejala-gejalanya sering timbul ketika orang berusia antara 25 dan 40 tahun, dan terutama wanita yang menderita penyakit ini. 

Sekitar dua persen orang dewasa memiliki penyakit ini, yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang dengan cukup intens. Ini panduan bagaimana Anda mengenali gejalanya.
 
Fibromyalgia secara harfiah berarti "rasa sakit pada jaringan ikat dan otot".

Masalah kesehatan
Fibromyalgia terdiri dari kombinasi masalah kesehatan. Oleh karena itu, dua orang yang sama-sama menderita penyakit ini dapat mengalami gejala yang sangat berbeda. Tingkat keparahan gejala juga dapat bervariasi. Rasa sakit sementara bisa mereda atau menjadi lebih buruk. Namun pasti ada beberapa kesamaan yang jelas pada pasien fibromyalgia. Ini adalah gejala yang paling umum:

1. Nyeri
Hampir setiap orang yang menderita fibromyalgia menderita nyeri otot atau nyeri sendi. Ini bisa berupa rasa sakit yang mengganggu, menusuk, atau membakar. Ini sering dimulai di punggung, bahu atau leher. Rasa sakit secara bertahap dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

2. Kelelahan
Gejala kelelahan terjadi pada hampir setiap pasien fibromyalgia.

3. Kekakuan
Gejala umum fibromyalgia adalah merasa sangat kaku, ketika Anda telah menghabiskan waktu yang lama di posisi tertentu. Terutama di pagi hari, ketika Anda bangun, Anda mungkin mengalami ini. Pada siang hari, Anda mungkin kesulitan bangun dari kursi.

Loading...

4. Masalah tidur
Rasa sakit mungkin membangunkan Anda di malam hari, yang menyebabkan Anda kurang tidur nyenyak. Mungkin juga Anda terbangun dengan khawatir tentang penurunan tubuh Anda.

5. Sensitivitas terhadap perubahan suhu
Bagi banyak orang, masalah menjadi lebih buruk ketika ada perubahan suhu. Cuaca dingin sering dianggap sebagai penyebab, tetapi ada juga orang yang mengalami lebih banyak rasa sakit ketika cuaca menjadi lebih hangat.

6. Masalah konsentrasi
Banyak orang dengan fibromyalgia mendapatkan masalah konsentrasi. Ini sebagian akibat dari kelelahan.

7. Masalah usus
Beberapa pasien mengalami masalah usus yang sangat mirip dengan gejala yang berhubungan dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS). Anda dapat menderita diare satu hari dan mengalami masalah dengan sembelit dan kram berikutnya. Sering kali sama sekali tidak jelas mengapa usus Anda bertindak seperti ini, atau kapan Anda akan mengalami masalah.

Kurangi gejala
Fibromyalgia adalah penyakit kronis yang berarti itu bukan sesuatu yang hilang lagi. Belum ada obat untuk mengobati penyakit ini, jadi Anda harus mengurangi gejalanya dengan cara yang berbeda. Sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang baik antara istirahat dan olahraga. Ada beberapa jenis terapi yang dapat membantu dengan ini, seperti ergoterapi, hidroterapi dan fisioterapi. Meskipun Anda tidak akan pernah bisa menyembuhkan fibromyalgia, ada kemungkinan untuk mengurangi gejalanya atau bahkan menyebabkannya untuk sementara waktu.

Loading...
Loading...