Selasa, 23 April 2019 02:02 WITA

Apakah Anda Sering Haus di Tengah Malam? Ini Alasan dan Solusinya

Editor: Mays
Apakah Anda Sering Haus di Tengah Malam? Ini Alasan dan Solusinya
Ilustrasi haus

RAKYATKU.COM - Cukup sulit untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup selama malam-malam musim panas ini.

Kita sering terbangun di tengah malam, di kolam keringat kita sendiri, dengan mulut terasa kering seperti padang pasir. 

Bahkan jika kita minum segelas besar air sebelum tidur, merasa haus di tengah malam sepertinya tak terhindarkan.

Di malam hari
Sangat menjengkelkan untuk bangun di tengah malam, mengambil segelas air dan kemudian harus mencoba tidur lagi. Tidak akan mengejutkan bahwa perasaan haus di tengah malam ada hubungannya dengan kurangnya hidrasi. Namun mungkin ada beberapa alasan berbeda mengapa Anda merasa sangat haus. Sebagai permulaan, perhatikan baik-baik berapa gelas air yang telah Anda minum sepanjang hari. Apakah Anda benar-benar memiliki delapan gelas air? Atau apakah Anda memiliki lebih sedikit?

loading...

Kafein
Anda mungkin telah minum delapan gelas di siang hari, tetapi apakah semua ini gelas air? Kami yakin Anda juga menghitung soda, kopi, dan teh bergula. Tapi sebenarnya bahan-bahan yang ada dalam minuman ini tidak cukup menghidrasi tubuh. Selain itu, kafein dalam kopi menyebabkan Anda harus buang air kecil lebih sering. Jika Anda pergi ke kamar mandi lebih sering, Anda juga akan kehilangan lebih banyak kelembapan dan lebih cepat. Jadi, apakah Anda minum banyak kopi di siang hari? Lalu ada kemungkinan lebih besar Anda bangun haus di tengah malam.

Makanan asin atau pedas
Bukan hanya apa yang Anda minum di siang hari yang memengaruhi rasa haus Anda di malam hari; apa yang Anda makan juga bisa sangat berpengaruh. Misalnya, apakah Anda sudah makan makanan pedas atau sangat asin? Maka tubuh Anda masih akan sibuk membakar makanan ini di malam hari, yang dapat menyebabkan mulas dalam beberapa kasus. Apakah Anda mengalami mulas lebih sering di malam hari? Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda terserang flu atau, dalam kasus terburuk, itu bisa menjadi tanda diabetes. Apakah sakit maag berlanjut dan apakah Anda secara teratur bangun di malam hari merasa haus? Akan pintar mengunjungi dokter Anda dalam kasus itu.

Solusi
Solusi yang baik untuk haus malam adalah minum cukup di siang hari, dan menghindari makanan asin sebanyak yang Anda bisa. Beberapa gelas besar air atau teh bebas kafein dapat menjadi keajaiban bagi istirahat malam Anda. Juga, persiapkan diri Anda dengan meletakkan segelas besar air di meja Anda sebelum tidur. Ini akan menghemat perjalanan Anda ke dapur atau kamar mandi untuk mengisi gelas dan ini mungkin membantu Anda tertidur lagi lebih cepat, setelah minum air untuk memuaskan dahaga Anda.

Tags
Loading...
Loading...