Sabtu, 20 April 2019 09:46 WITA

Konsumsi 6 Makanan ini untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Anda!

Editor: Suriawati
Konsumsi 6 Makanan ini untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Anda!
INT

RAKYATKU.COM - Orang yang menderita kolesterol tinggi memiliki peningkatan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk genetik, kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan diet yang tidak sehat.

Apa itu kolesteol?
Kolesterol adalah zat lemak alami yang ada dalam darah. Ini terbagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol baik atau kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

Seperti namanya, kolesterol jahat dapat berakibat buruk jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi. Namun Anda bisa mengatasinya dengan beberapa solusi alami. Berikut di antaranya:

1. Bawang putih
Salah satu manfaat kesehatan bawang putih adalah menurunkan kolesterol. Sebuah makalah studi yang diterbitkan dalam Avicenna Journal of Phytomedicine menyebutkan bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

2. Biji rami
Biji rami mengandung serat larut, lignan, dan asam lemak omega 3. Menurut sebuah studi, biji rami giling dapat mengurangi kolesterol jahat sebesar 15 persen dalam 1 bulan.

Loading...

3. Biji fenugreek
Biji fenugreek memiliki sifat obat dan merupakan sumber anti-inflamasi, antioksidan, dan antidiabetik yang baik. Senyawa utama dalam fenugreek yang disebut saponin berperan dalam menurunkan kolesterol LDL.

4. Kunyit
Kunyit mengandung senyawa kuat yang disebut curcumin yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL dalam darah.

5. Basil
Basil atau tulsi memiliki segudang khasiat obat yang meliputi antioksidan, antiinflamasi, antidiabetik, antihypercholesterolemia, antikarsinogenik, dan sebagainya. Studi menunjukkan bahwa tulsi mencegah pembentukan aterosklerosis di pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

6. Biji ketumbar
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Biology, biji ketumbar memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara signifikan.

Loading...
Loading...