Rabu, 17 April 2019 20:11 WITA

Hasil Penelitian: Semakin Besar Perut Semakin Kecil Otak

Editor: Aswad Syam
Hasil Penelitian: Semakin Besar Perut Semakin Kecil Otak
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ini adalah salah satu studi kesehatan paling membingungkan yang pernah kami temui, dan jika itu benar - beberapa dari Anda mungkin perlu naik treadmill.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Neurology, sebuah hubungan telah ditemukan antara kelebihan lemak perut dan pengurangan volume materi kelabu di otak. 

Materi abu-abu penting, karena menampung sel-sel saraf yang mengendalikan otot kita dan kemampuan kita untuk melihat, mendengar, dan banyak lagi. Singkatnya, materi abu-abu ... penting. 

Menurut CNN, penelitian ini dilakukan di antara 9652 orang paruh baya di Inggris, dan menilai indeks massa tubuh mereka (BMI). Satu dari lima peserta ditemukan mengalami obesitas, dan mereka yang memiliki angka BMI lebih tinggi dan rasio pinggang-pinggul diberikan scan MRI. 

Hasil Penelitian: Semakin Besar Perut Semakin Kecil Otak

Mereka ditemukan memiliki volume materi abu-abu terendah. Tampaknya hipertensi dan arteri yang tersumbat, bukan satu-satunya implikasi dari obesitas sekarang. 

Salah seorang peneliti, Mark Hamer, yang merupakan profesor olahraga universitas kedokteran di Inggris menulis dalam penelitian ini: "Penurunan ukuran otak meningkat secara linear, ketika lemak di sekitar tengah tumbuh lebih besar." 

Loading...

Jenis materi lain yang ditemukan di otak, materi putih, tidak memiliki hubungan yang terlihat dengan obesitas. Materi putih menghubungkan bagian-bagian materi abu-abu satu sama lain. Itu daerah yang menyusut, sebagai akibat dari kenaikan berat badan yang berlebihan, yang terlibat terutama dalam motivasi dan reward. 

Sebelumnya, sudah ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara penyusutan materi abu-abu dan pengembangan demensia, yang paling sering disebabkan oleh penyakit Alzheimer. 

Yup, memiliki perut yang lebih besar juga membuat Anda berisiko lebih tinggi kehilangan ingatan.

Berita baiknya adalah, ukuran volume otak Anda dapat bangkit kembali, jika Anda kembali ke berat badan yang sehat. 

Sebuah artikel oleh asisten profesor Universitas Stanford Cara Bohon telah membuktikan, bahwa ketika subyek penelitian menurunkan berat badan, volume otak mereka meningkat, ke berbagai tingkatan.

Loading...
Loading...