Senin, 15 April 2019 23:32 WITA

6 Alasan Mengapa Bawang Putih Sangat Baik untuk Anda

Editor: Aswad Syam
6 Alasan Mengapa Bawang Putih Sangat Baik untuk Anda
Bawang putih

RAKYATKU.COM - Ketika kita bekerja keras di dapur, kita sering menambahkan satu atau dua siung bawang putih ke masakan yang kita masak. Bawang putih dapat meningkatkan rasa dari banyak hidangan. 

Tentu, itu membuat Anda beraroma bawang putih, tapi itu pengorbanan kecil, karena bawang putih tidak hanya sangat lezat - juga sangat baik untuk Anda. Inilah beberapa alasannya!

Bawang putih penuh dengan mineral dan vitamin. Tumbuhan bulat ini mengandung vitamin A, B, B1, B3, B5, B6 dan C. Ini juga mengandung mineral mangan, fosfor, tembaga dan kalsium.

1. Membantu melawan tekanan darah tinggi
Apakah tekanan darah Anda terlalu tinggi? Tambahkan satu siung bawang putih ekstra untuk makan malam Anda. Bawang putih memiliki efek positif pada jantung dan pembuluh darah Anda. 

Dilansir dari Tips and Tricks, penelitian yang dilakukan oleh University of Adelaide menunjukkan, bawang putih dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi. Pembuluh darah dalam tubuh dikatakan rileks dan meluas, karena bawang putih, yang meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Tampaknya, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah Anda, tujuh hingga delapan persen.

2. Mengusir kutu dan nyamuk
Kedua nyamuk dan kutu membenci bau bawang putih, meskipun para ilmuwan belum dapat menentukan  mengapa hal ini terjadi. Penelitian menunjukkan, Anda akan menghadapi lebih sedikit gigitan nyamuk jika Anda menggosokkan bawang putih langsung ke kulit Anda. 

Para peneliti memiliki sekelompok orang menggunakan banyak bawang putih dalam makanan mereka dan kelompok lain tidak menggunakannya sama sekali. Kemudian, gigitan kutu dari satu kelompok dibandingkan dengan yang lain. Orang-orang yang makan banyak bawang putih selama lima bulan sebelumnya memiliki gigitan kutu jauh lebih sedikit daripada orang-orang yang belum makan bawang putih.

3. Baik untuk kulit
Bawang putih mengandung banyak antioksidan, yang memiliki fungsi anti-inflamasi. Plus, bawang putih juga memiliki sifat anti-bakteri, yang berarti memiliki fungsi disinfektan dan penyembuhan. Itu sebabnya dikatakan bahwa jerawat, kutil dan eksim sembuh lebih cepat jika Anda makan banyak bawang putih.

4. Memberi sistem kekebalan Anda
Bawang putih dikatakan baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Para peneliti dari Universitas Kedokteran Maryland ingin mengetahui, apakah ini benar-benar kasusnya dan melakukan penelitian. 

Mereka menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari selama dua belas minggu, Anda dapat meredakan flu sebanyak 63 persen. Selain itu, pilek dari orang yang memiliki suplemen tidak bertahan selama orang-orang yang memiliki plasebo.

5. Dapat membantu menghilangkan serpihan
Jika Anda memiliki serpihan di jari Anda atau di tempat lain, Anda ingin menyingkirkannya secepat mungkin. Dalam beberapa kasus, sepasang pinset sudah cukup untuk menghapusnya, tetapi Anda mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih untuk serpihan lainnya. Selamatkan diri Anda dari masalah lain kali, dan letakkan satu siung bawang putih di atas serpihan, kencangkan dengan bantuan band. Bawang putih akan menghilangkan serpihan dari kulit Anda.

6. Membantu melawan kerontokan rambut
Beberapa orang bersumpah pada kenyataan bahwa bawang putih membantu melawan kerontokan rambut. Dengan menggosokkan siung bawang putih yang dipotong di kulit kepala Anda, Anda memerangi jamur dan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Ini, pada gilirannya, menyebabkan akar rambut Anda menjadi lebih bergizi. Perlu dicatat, bahwa bawang putih tidak membantu melawan kerontokan rambut secara genetik, tetapi  dapat membantu jika Anda mengalami kerontokan rambut karena kekurangan vitamin atau sirkulasi yang buruk. Cuci rambut Anda setelah Anda menggosok bawang putih di seluruh kepala Anda.

Loading...
Loading...

Berita Terkait