Kamis, 11 April 2019 16:05 WITA

Pemkot Gratiskan Operasi Katarak Bagi Warga Parepare

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pemkot Gratiskan Operasi Katarak Bagi Warga Parepare
RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare menggandeng Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar mengadakan Safari Katarak, dengan menggratiskan operasi katarak bagi masyarakat Parepare. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 23 April di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare.

"Gratis, tidak ada pungutan. Operasi katarak akan dilakukan di Rumah Sakit Andi Makkasau karena ditunjang fasilitas operasi dan dokter ahli," kata Hj Farida, Kepala Sub Bidang Humas RSUD Andi Makkasau Parepare, Kamis, (11/4/2019).

Secara teknis, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Parepare, Sriyanti Ambar menguraikan tata cara pendaftaran. 

Bagi masyarakat Parepare yang ingin melakukan operasi, agar mendatangi kantor Dinas Kesehatan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Loading...

"Jadi masyarakat harus membawa KTP sebagai tanda bukti, bahwa mereka betul-betul masyarakat Parepare," ujar Sriyanti Ambar.

Untuk jumlah kuota kata dia, operasi Katarak Matur dibatasi 40 orang. Calon peserta yang telah mendaftar akan kembali diperiksa atau skrining untuk memastikan bahwa masyarakat tersebut layak menderita katarak yang harus dioperasi.

"Jadi kita juga memeriksa kembali untuk memastikan peserta tersebut merupakan pasien Katarak Matur atau tidak. Karena, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengambil langkah serius ini. Baik dari psikologi dan biologi harus dipersiapkan dengan matang," terangnya. 

Loading...
Loading...