Selasa, 09 April 2019 04:31 WITA

6 Tips Membantu Anda Jaga Kadar Gula Darah

Editor: Aswad Syam
6 Tips Membantu Anda Jaga Kadar Gula Darah
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Bagi sebagian orang, tidak mungkin untuk tidak makan apa pun selama beberapa jam, tanpa menjadi goyah dan pemarah. 

Ini mungkin ada hubungannya dengan kadar gula darah Anda yang tidak stabil.

Jika kadar gula darah Anda stabil, Anda akan merasa lebih berenergi dan bugar.

Kadar gula darah yang stabil penting
Jika kadar gula darah Anda berfluktuasi terus-menerus, Anda akan jauh lebih sensitif untuk menyerah pada mengidam, Anda akan mengalami penurunan kadar gula dan Anda merasa sangat lelah sepanjang waktu. 
Apa tepatnya yang menyebabkan ini? Begini cara kerjanya: setiap kali Anda makan sesuatu, kadar gula darah Anda meningkat. Gula dari makanan yang Anda makan (mereka juga dikenal sebagai 'glukosa') berakhir di aliran darah Anda. Semakin banyak glukosa yang terkandung dalam makanan Anda, semakin tinggi lonjakan gula darah Anda. Tingkat gula darah yang terus berfluktuasi tidak baik untuk kesehatan Anda. 
Jika Anda memiliki lonjakan gula darah tinggi, tubuh Anda menghasilkan jumlah insulin yang lebih tinggi, dan peningkatan jumlah insulin ini menyebabkan gula darah Anda turun lagi lebih cepat juga. 

Selain itu, tubuh Anda akan menyimpan lebih banyak lemak tubuh. Fluktuasi juga berdampak pada hormon, pencernaan, dan meningkatkan risiko diabetes.

Kiat
Karena semua hal yang kami sebutkan di atas, penting untuk menjaga kadar gula darah stabil. Itu sebabnya kami punya enam tips untuk Anda yang akan membantu Anda.

1. Jangan melewatkan sarapan!
Sangat penting untuk selalu sarapan. Untuk lebih spesifik, lebih baik memulai hari dengan makanan yang kaya protein; ini membuat Anda merasa kenyang dan menjaga kadar gula darah Anda stabil. Itu sebabnya Anda harus memulai hari dengan produk-produk seperti keju, telur, susu, kacang-kacangan, biji-bijian atau daging.

Loading...

2. Makan cukup serat
Jika diet Anda mengandung banyak serat, tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memecahnya, yang berarti peningkatan gula darah akan berjalan jauh lebih bertahap. Sayuran penuh serat, begitu juga kacang-kacangan dan biji-bijian utuh seperti oatmeal dan soba.

3. Makan secara teratur
Jaga gula darah Anda terkendali dengan makan secara teratur dan tidak makan makanan yang sangat besar. Bagilah makanan Anda sepanjang hari: makan tiga kali sehari dan makan dua makanan ringan tambahan sepanjang hari.

4. Makan lebih sedikit gula
Atau setidaknya menghindari gula cepat. Anda tidak hanya dapat menemukan gula cepat dalam permen, minuman ringan dan kue, tetapi juga dalam pasta putih dan roti putih. Cobalah untuk menghindari permen, minuman ringan, dan kue sebanyak mungkin dan ganti roti putih dan pasta dengan pengganti gandum.

5. Tambahkan kayu manis ke makanan Anda
Kayu manis adalah produk keajaiban sejati. Ini bisa membuat keajaiban di kebun Anda, tetapi juga sangat baik untuk tekanan darah Anda. Kayu manis memastikan Anda merasa lapar lebih cepat dan menjaga kadar gula darah Anda stabil. Jadi, mengapa tidak menambahkan sedikit kayu manis ke kopi, makan malam, atau smoothie Anda?

6. Olahraga dan tidur yang cukup
Cobalah berjalan-jalan setelah makan malam sedikit lebih sering. Dengan melakukannya, Anda memberi sedikit dorongan pada pencernaan Anda dan menjaga kadar gula darah Anda stabil. Selain itu, istirahat malam yang baik juga penting untuk gula darah yang stabil. Cobalah untuk tidur delapan jam setiap malam.

Loading...
Loading...