Minggu, 07 April 2019 21:11 WITA

Sebelum Tidur, 7 Hal Ini Harus Dihindari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sebelum Tidur, 7 Hal Ini Harus Dihindari
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tidur malam sangatlah penting bagi kesehatan tubuh karena di waktu inilah tubuh bisa melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun dan perbaikan sel. 

Hanya saja, terkadang kita melakukan beberapa hal yang tidak baik sebelum tidur yang akhirnya membuat kita tidur dengan tidak nyenyak.

Beberapa hal yang bisa mengganggu waktu tidur

Demi memastikan waktu tidur berlangsung dengan nyenyak dan mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan, kita sebaiknya tidak lagi melakukan berbagai hal yang sering kita lakukan ini.

Dilansir laman Doktersehat, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak lagi kita lakukan.

1. Berolahraga dekat dengan waktu tidur

Sebagian orang melakukan olahraga dekat dengan waktu tidur seperti melakukan sit up demi membantu mengecilkan ukuran perut. Masalahnya adalah kebiasaan ini ternyata bisa membuat kita susah tidur. Hal ini disebabkan oleh suhu tubuh yang naik dan tubuh yang berkeringat.

Kondisi ini membuat tidak nyaman dan kita pun akan merasa gerah sehingga tidak bisa terlelap. Padahal, jika sampai mengalami susah tidur, tubuh akan terasa tidak nyaman karena kurang istirahat.

2. Masih memainkan ponsel atau menonton televisi sebelum tidur

Banyak orang yang sengaja memainkan ponsel atau menonton televisi sebelum tidur. Hal ini memang bisa membuat kita menikmati media sosial, bermain game, atau menonton acara televisi yang mengasyikkan, namun kebiasaan ini justru akan membuat kita tak jadi mengantuk.

Paparan cahaya layar peralatan elektronik akan membuat produksi hormon melatonin yang membantu kita mengantuk atau tidur dengan nyenyak terganggu. Kita pun tak kunjung mengantuk dan akhirnya mengalami susah tidur.

3. Mandi dengan air panas

Loading...

Sebenarnya, mandi dengan air hangat bisa membantu tubuh menjadi lebih nyaman dan menghilangkan rasa lelah, namun jika suhu udara cukup hangat sebagaimana yang selalu kita rasakan di sebagian wilayah di Indonesia, mandi air hangat justru akan membuat suhu tubuh naik dan berkeringat. Kondisi ini justru akan membuat kita semakin sulit untuk tidur dengan nyenyak.

4. Banyak minum air

Banyak minum air putih memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, namun mengonsumsinya di dekat dengan waktu tidur bisa memberikan dampak buruk berupa peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Kita pun akan terganggu karena harus bolak-balik ke kamar mandi sehingga tidak bisa tidur dengan cukup.

5. Masih bekerja

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak bekerja jika sudah mendekati waktu tidur. Meskipun pekerjaan masih menumpuk, berilah kesempatan pikiran untuk beristirahat sebelum benar-benar terlelap.

Jika kita tetap bekerja di malam hari, maka pikiran akan stres dan membuat produksi hormon melatonin terganggu. Meski badan sudah lelah, kita tidak akan mudah tidur dengan nyenyak sehingga akan mengalami susah tidur.

6. Membaca buku yang seru

Membaca buku biasanya disarankan untuk membantu kita mudah mengantuk, namun jika buku yang dibaca adalah yang seru atau menegangkan jalan ceritanya, kita justru akan semakin penasaran dan akhirnya tak lagi mengantuk. Bahkan, bisa jadi kita akan terus membacanya hingga larut malam hingga akhirnya kurang tidur.

7. Marah

Jangan biasakan untuk tidur dalam kondisi marah atau bersungut-sungut karena adanya suatu masalah. Cobalah untuk menenangkan pikiran atau setidaknya membicarakan suasana hati ini ke pasangan atau keluarga agar bisa membuat pikiran merasa lega atau lebih tenang. Kita pun bisa tidur dengan lebih nyenyak jika melakukannya.

Tags
Loading...
Loading...