Minggu, 07 April 2019 09:35 WITA

Mata Merah: Gejala dan Cara Mengobatinya

Editor: Suriawati
Mata Merah: Gejala dan Cara Mengobatinya
INT

RAKYATKU.COM - Apakah mata Anda memerah dan gatal dalam semalam? Apakah itu disertai dengan kekuningan atau kemerahan, yang membuat Anda sulit membuka mata setelah tidur?

Jika iya, maka Anda mungkin mengalami konjungtivitis atau mata merah. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan konjungtiva menjadi meradang. Konjungtiva adalah lapisan transparan tipis yang menutupi bagian putih mata Anda bersama dengan bagian dalam kelopak mata Anda.

Tanda dan gejala

  • Kemerahan dan radang di bagian putih mata serta bagian dalam kelopak mata
  • Pembengkakan konjungtiva
  • Kotoran berwarna kuning yang tebal dan cenderung menempel di bulu mata, terutama setelah tidur
  • Keluar cairan kehijauan atau keputihan dari mata
  • Gatal di mata
  • Sensasi terbakar di mata
  • Pandangan kabur
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di depan telinga Anda atau tepat di bawah tulang rahang Anda
  • Demam, jika ada infeksi virus

Penyebab
Ada banyak yang bisa menyebabkan mata merah, diantaranya virus, bakteri, asap, kolam terklorinasi, sampo dan kosmetik tertentu, serta reaksi alergi terhadap tetes mata,  asap, atau debu, dan lensa kontak.

Dalam beberapa kasus, konjungtivitis juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonore. Jenis mata merah ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak segera diobati.

Biasanya, gejala konjungtivitis akan mereda dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, Anda bisa mencoba beberapa solusi alami untuk mempercepat penyembuhan.

1. ASI
Jika yang mengalami mata merah adalah bayi, maka cara terbaik mengobatinya adalah memberikan beberapa tetes ASI ke mata si kecil.

Anda dapat melakukan ini 1 hingga 2 kali sehari. ASI diyakini memiliki sifat antibiotik dan telah digunakan secara topikal selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan bayi baru lahir, seperti konjungtivitis.

2. Kompres hangat atau dingin
Caranya: Ambil handuk dan rendam ke air hangat atau air dingin lalu tempelkan ke mata yang terinfeksi. Biarkan selama 5-10 menit. Anda dapat melakukan ini 2-3 kali sehari.

Loading...

Kompres hangat dan dingin dapat mengurangi peradangan dan membersihkan mata yang terinfeksi.

3. Gel aloe vera
Caranya: Ambil gel lidah buaya dan oleskan di sekitar kelopak mata atas dan bawah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang menenangkan, sehingga dapat membantu dalam mengobati kondisi mata seperti konjungtivitis.

4. Kunyit
Caranya: Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat, dan aduk rata. Rendam waslap bersih dalam campuran itu, peras, lalu kompres mata Anda yang sakit. Biarkan selama 10-15 menit. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat optimal.

Kunyit mengandung curcumin, yang membantu menekan gejala konjungtivitis.

5. Teh hijau
Caranya: Ambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es. Oleskan kantong teh hijau dingin di kelopak mata Anda. Lakukan selama 15-20 menit.

Teh hijau mengandung flavonoid yang membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat anti bakteri dan anti-inflamasi teh hijau dapat bermanfaat dalam mengurangi gejala kondisi oftalmologis seperti mata merah.

Loading...
Loading...