Jumat, 05 April 2019 10:47 WITA

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jalan Pagi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jalan Pagi
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. 

Organisasi kesehatan dunia, WHO, memperkirakan ada 1,13 miliar penduduk dunia yang menderita hipertensi. Kabarnya, gangguan kesehatan tersebut bisa diatasi hanya dengan jalan pagi.

Angka kejadian tekanan darah tinggi

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), angka kejadian hipertensi meningkat dari 25,8 persen pada tahun 2013 menjadi 34,1 persen pada tahun 2018. Berarti dari 265 juta penduduk Indonesia, sebanyak lebih dari 90 juta orang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

Jumlah yang tidak bisa dipandang remeh. Apalagi, hipertensi merupakan faktor risiko terjadinya berbagai penyakit fatal, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Diperkirakan jumlah penderita hipertensi di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya, hingga mencapai 1,5 miliar di tahun 2025, dan menyebabkan 9,4 juta orang meninggal akibat komplikasi hipertensi.

Gejala dan penanganan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi pun disebut sebagai pembunuh senyap. Karena sebagian besar orang yang menderita hipertensi tidak mengenali gejalanya yang tidak khas dan mudah terlewat.

Penderita tekanan darah tinggi umumnya dapat mengeluhkan badan pegal-pegal, lemas, dan rasa kencang di tengkuk. Namun yang umum terjadi, penderita baru mengetahui ia mengidap hipertensi biasanya setelah muncul komplikasi.

Memang tak mudah untuk menduga-duga apakah seseorang memiliki tekanan darah tinggi hanya dari gejala yang dikeluhkan. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan memeriksa tekanan darah.

Meskipun penyebab pasti hipertensi belum diketahui, telah dibuktikan adanya beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi seperti usia, kebiasaan merokok, diet tinggi garam, kurang sayur dan buah, kurang tidur, kurang olahraga, mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak dan stres.

Loading...

Khasiat jalan pagi bagi tekanan darah tinggi

Melihat bahaya dari penyakit tekanan darah tinggi, sangat penting untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini dengan gaya hidup sehat, seperti melakukan olahraga, meningkatkan konsumsi sayur dan buah, mengurangi konsumsi garam, mengelola stres, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol berlebihan, serta tidur cukup.

Selain itu, hal yang perlu digalakkan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah olahraga, dimana masih sedikit sekali orang yang menjalankannya. Padahal, olahraga sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Mulailah dengan olahraga yang mudah, misalnya jalan pagi.

Jalan pagi adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang dari berbagai usia, termasuk mereka yang menderita hipertensi.

Dengan melakukan olahraga jalan pagi secara teratur, maka jantung Anda akan menjadi lebih kuat, sehingga dapat memompa darah dengan lebih mudah. Sehingga, tekanan pada pembuluh darah juga dapat menurun.

Dilansir Klikdokter, penelitian menemukan bahwa olahraga rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4-9 mmHg. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang hanya mengalami sedikit peningkatan tekanan darah.

Namun bagi yang memiliki tekanan darah yang cukup tinggi, Anda masih memerlukan bantuan obat untuk menurunkan lonjakan tekanan darah tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat yang konsisten dari olahraga jalan pagi, Anda harus melakukannya secara rutin setiap hari, atau setidaknya 3 kali dalam seminggu (dengan total olahraga 150 menit per minggu),selama minimal 3 bulan.

Jika Anda tidak terbiasa olahraga, jangan memaksakan diri. Mulailah secara perlahan, dan tingkatkan secara bertahap. Anda dapat memulainya dengan melakukan jalan pagi selama 30 menit dalam sehari.

Loading...
Loading...