Kamis, 04 April 2019 18:52 WITA

Lewat Vaksin, Kanker Serviks Bisa Hilang 30 Tahun Mendatang

Editor: Andi Chaerul Fadli
Lewat Vaksin, Kanker Serviks Bisa Hilang 30 Tahun Mendatang

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kanker serviks dapat dimusnahkan pada 30 tahun mendatang.

Para peneliti di Skotlandia mengatakan vaksinasi HPV rutin pada anak perempuan berusia 12 hingga 13 tahun telah menyebabkan penurunan dramatis tingkat kanker. Hampir memusnahkan semua kasus pra-kanker serviks pada wanita muda, dikutip dari Sky News, Kamis (4/4/2019).

Mereka percaya bahwa keberhasilannya, jika diduplikasi dalam skala global, dapat berarti akhir dari kanker serviks. Gadis-gadis di Inggris diberi vaksin HPV untuk melindungi mereka dari virus HPV penyebab kanker.

Skotlandia memperkenalkan program imunisasi HPV nasional untuk anak perempuan berusia 12 hingga 13 tahun 2008.

Para peneliti telah menganalisis catatan vaksinasi dan penyaringan dari 10 tahun terakhir untuk membandingkan tingkat kanker antara wanita yang divaksinasi dan mereka yang tidak, dan telah menemukan bahwa dimulainya vaksinasi rutin mendorong pengurangan hingga 89% di hadapan pra- sel kanker.

Usia ditemukan sebagai faktor, dengan angka-angka yang menunjukkan bahwa vaksin yang diberikan pada usia 12 hampir dua kali lebih efektif daripada vaksinasi pada usia 17 tahun.

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang tidak divaksinasi tampaknya mendapat manfaat dari orang lain yang diberi vaksin, karena semakin sedikit infeksi HPV yang ada pada populasi umum, semakin sedikit penyebarannya.

Loading...

Dr Kevin Pollock, peneliti senior di Universitas Glasgow Caledonian, mengatakan kepada Sky News: "Ini sangat penting.

"Kita tahu bahwa, di antara wanita, penyerapan skrining serviks telah menurun, sehingga metode pencegahan primer ini telah terbukti benar-benar mengurangi penyakit serviks dengan cukup signifikan - hampir menghilangkannya pada wanita di bawah 25 tahun.

"Itu adalah kisah sukses yang hebat karena itu akan berarti pengurangan kanker serviks dalam beberapa tahun mendatang."

Vaksin yang digunakan telah dirancang untuk menargetkan dua jenis virus HPV risiko tinggi - tipe 16 dan 18. Mereka bertanggung jawab atas sekitar 80% kanker serviks.

Para peneliti telah menemukan bahwa vaksin itu juga melindungi terhadap tiga jenis virus HPV lainnya, yang bersama-sama dengan tipe 16 dan 18 menyebabkan sekitar 90% kanker serviks di Inggris.

"Vaksin telah melampaui harapan. Saya pikir apa yang kita lihat adalah, mungkin dalam 20 hingga 30 tahun, kemungkinan penghapusan kanker serviks - dan itu adalah berita besar."

Loading...
Loading...