Jumat, 05 April 2019 08:00 WITA

Bahaya Cat Rambut yang Mengintai Anda

Editor: Adil Patawai Anar
Bahaya Cat Rambut yang Mengintai Anda
Ilustrasi Cat Rambut.

RAKYATKU.COM - Penggunaan cat rambut tidaklah lepas dari efek negatif. Beberapa bahaya telah mengintai Anda jika menggunakan cat rambut sintetis terutama yang tidak memiliki standar di dalam proses produksi.

Inilah beberapa bahaya cat rambut bagi kesehatan tubuh:

1. Menyebabkan iritasi kulit
Cat rambut sintetis mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi ini sering terjadi pada kulit kepala, wajah dan leher. Orang yang telah mengalami iritasi kulit karena cat rambut biasanya merasakan gatal atau perih di bagian yang teriritasi.

2. Mata memerah
Penggunaan cat warna rambut seyogyanya harus dilakukan secara hati-hati. Bahaya mewarnai rambut bisa menimbulkan konjungtivitis atau mata memerah jika ada zat yang terkena bagian mata.

3. Memicu reaksi alergi
Adanya kandungan resorsinol dan kandungan toksik lainnya di dalam cat rambut bisa memicu terjadinya reaksi alergi. Reaksi alergi ini biasanya ditandai dengan gatal-gatal dan ruam pada kulit.

Loading...

4. Menurunkan tingkat kesuburan
Semua orang tentunya ingin memiliki keturunan yang akan menjadi generasi penerus. Namun, penggunaan cat rambut sintetis yang berbahaya bisa mengancam impian ini. Fertilitas Anda bisa terganggu karena zat kimia tertentu di dalam cat rambut.

5. Membahayakan janin
Sebaiknya, ibu hamil tidak menggunakan pewarna rambut sintetis. Bahaya cat rambut pada ibu hamil bisa memengaruhi tumbuh kembang dan keselamatan bayi. Ibu hamil bisa mewarnai rambut dengan pewarna alami seperti buah bit, lemon madu, dan lainnya.

6. Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Jangan heran bila banyak orang yang telah mewarnai rambutnya cenderung mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh Anda bisa mengalami penurunan karena terkontak dengan zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalam cat rambut.

7. Menyebabkan penyakit kanker
Bahaya cat rambut juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat kimia yang ada di dalam cat rambut memiliki sifat karsinogen. Kebanyakan orang akan menghindari bahaya mewarnai rambut yang ini karena bisa menimbulkan kematian.

Loading...
Loading...