Kamis, 04 April 2019 15:47 WITA

10 Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Lelah Berlebihan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Lelah Berlebihan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ada dua cara yang bisa kita lakukan kalau tubuh mengalami lelah yang sangat berlebihan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan istirahat dengan cukup. 

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi lelah yang sangat berlebihan adalah dengan mengonsumsi makanan. Lelah yang berlebih juga merupakan manifestasi dari rasa lapar dan kekurangan energi. 

Kalau Anda merasa sering mengalami kekurangan energi dan lelah yang sangat parah. Beberapa jenis makanan di bawah ini wajib dikonsumsi.

1. Makanan yang diolah dalam kondisi segar

Kalau lelah berlebihan kita selalu ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Akhirnya apa saja dimakan meski itu makanan cepat saji.

Nah, sebenarnya apa yang Anda makan hanya membuat kenyang saja. Kandungan nutrisi makanan itu tidak banyak sehingga suplai energi yang didapatkan tidak banyak.

Kalau Anda mengonsumsi makanan yang diolah sendiri dalam kondisi segar, kemungkinan besar akan mendapatkan banyak nutrisi. Jadi, pertimbangkan memasak sendiri atau makan masakan rumah saja kalau ke warung.

2. Aneka buah dan sayuran

Aneka buah dan sayur memberikan banyak suplai serat dan juga karbohidrat yang sehat. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran dalam bentuk segar, dibuat menjadi jus, atau diolah dahulu jadi masakan sehingga semua bahan menjadi matang.

Sayuran yang cukup direkomendasikan adalah sayuran dengan warna daun hijau seperti bayam atau kangkung. Untuk buah, apel dan aneka buah yang keras cukup disarankan karena bisa dimakan sebagai camilan.

3. Protein tanpa lemak

Protein adalah sumber energi yang sangat besar. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis protein asal tanpa lemak. Daging ayam, sapi, hingga protein nabati seperti tempe bisa digunakan. 

Anda bisa mengolah makanan ini menjadi berbagai macam hidangan untuk dikonsumsi 2-3 jam sebelum tidur agar pencernaan tidak terganggu.

4. Minuman tanpa kafein

Kopi memang kadang memberikan semangat pada tubuh. Namun, kalau tubuh mengalami lelah yang berlebihan, kafein hanya menyebabkan masalah pada kualitas tidur. 

Dilansir Doktersehat, saat malam hari Anda butuh tidur sehingga kalau bisa minuman dengan kafein dihindari dan diganti dengan minuman sehat seperti jus atau yoghurt.

5. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat menyuplai energi yang besar. Sayangnya tidak semua karbohidrat melakukannya. Hanya karbohidrat kompleks saja yang bisa melakukannya, sehingga Anda disarankan mengonsumsi singkong, ubi, oat, atau nasi merah.

Loading...

6. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian menyuplai lemak sehat, protein, dan karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis kacang atau biji-bijian dengan jumlah yang cukup. 
Beberapa praktisi menyarankan satu genggaman tangan adalah jumlah maksimal untuk sehari.

7. Suplemen vitamin dan mineral

Kalau Anda sudah mengonsumsi aneka makanan dan khawatir tubuh tidak akan segar dan bugar esok hari, ada baiknya mengonsumsi vitamin dan mineral. Gunakan suplemen seperlunya hanya saat Anda benar-benar lelah.

8. Air yang cukup

Ada beberapa alasan mengapa seseorang yang mengalami lelah berlebihan harus minum air dalam jumlah yang cukup. Air yang akan membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Kalau Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan mengalami rasa lelah yang besar dan juga rasa lemas yang cukup lama. Oleh karena itu ada baiknya kalau Anda membawa botol air ke mana saja.

Selain mencegah dehidrasi, air juga menyebabkan tubuh menjadi lebih segar dan semangat. Ginjal juga tidak akan terbebani sehingga masalah berkemih tidak terjadi. Terakhir, masalah sembelit yang sangat mengganggu juga tidak muncul. Konsumsi air sebanyak 8 gelas setiap hari atau kurang lebih 2 liter.

9. Pisang dan kurma

Pisang dan kurma juga merupakan dua buah yang bisa digunakan untuk menyuplai energi dalam jumlah besar kalau Anda kelelahan. Pisang mengandung cukup banyak karbohidrat dalam setiap bijinya. 

Selain itu, buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung cukup banyak nutrisi lain seperti potasium dan serat.

Senada dengan pisang, kurma juga sangat baik untuk suplai energi dalam waktu cepat. Rasa manis buah kurma dan antioksidan yang ada di dalamnya buat Anda bisa lebih segar. Oh ya, meski kedua buah bermanfaat, pastikan jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

10. Oat

Selama ini kita sering menggunakan oat sebagai salah satu menu makan pagi atau sarapan yang sehat. Biji ini mengandung cukup banyak serat, karbohidrat, dan sedikit protein. Selain itu, serat juga mudah sekali menyerap kolesterol sehingga tubuh menjadi lebih sehat serta Anda bisa kenyang lebih lama.

Kalau Anda mengalami lelah yang berlebihan, oat juga bisa diandalkan sebagai penyuplai energi. Mengonsumsi oat dengan jumlah banyak tidak akan menyebabkan masalah pada gula darah. 

Bahkan, mengonsumsi oat bisa membuat kita lebih bisa mengontrol pola makan. Padukan oat dengan berbagai jenis buah segar atau yoghurt yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Loading...
Loading...