Selasa, 02 April 2019 11:17 WITA

Alasan Kutu Rambut Sangat Sulit Dibasmi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Alasan Kutu Rambut Sangat Sulit Dibasmi
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kutu rambut merupakan parasit kecil yang mengisap darah di kulit kepala, agar dapat hidup dan berkembang biak. 

Meski lebih sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa juga bisa tertular kutu rambut. Penularan terjadi saat rambut Anda bersentuhan dengan rambut penderita kutu rambut. 
Selain itu, penularan kutu rambut juga terjadi karena menggunakan benda yang sama, misalnya sisir, jepit rambut, atau topi.

Beberapa keluhan yang sering dirasakan saat ada kutu rambut di kepala, termasuk rasa gatal pada kulit kepala, telinga, dan leher. 

Rasa gatal akibat kutu rambut biasanya baru benar-benar terasa setelah kutu rambut berada di kepala selama 2- 6 minggu. Gatal yang dialami merupakan respons dari gigitan kutu dan reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut.

Tahukah kamu? Orang-orang di peradaban Mesir juga sudah pernah mengalami kondisi rambut berkutu.

Meski begitu sejak dulu hingga sekarang kutu rambut tetap sulit dibasmi. Kenapa ya?

Kutu Rambut di Zaman Dahulu

Kutu rambut sudah menjadi masalah rambut bagi manusia sejak tujuh juta tahun lalu.

Pada zaman peradaban Mesir, kutu rambut sudah merajalela dan membuat banyak manusia gatal-gatal. Buktinya, ditemukan ada dua buah sisir kutu berbahan emas di makam Cleopatra, teman-teman.

Selain sisir kutu, rakyat Mesir Kuno memiliki cara untuk menghilangkan kutu rambut, yaitu dengan cara mencukur habis rambutnya. Cara ini dianggap cukup efektif hingga sekarang.

Alasan Kutu Rambut Sulit Dibasmi

Saat ini ada lebih dari 500 spesies kutu di dunia. Jenis kutu yang paling sering ditemui adalah kutu rambut atau Pediculus humanus capitis.

Dilansir laman Bobo, berikut sejumlah alasan kutu rambut sulit dibasmi:

1. Berpegangan kuat di rambut dan bisa kamuflase

Loading...

Kutu rambut punya enam kaki yang diujungnya memiliki kait. Ini berfungsi untuk berpegangan dan memanjat rambut kita.

Kutu rambut juga memiliki warna tubuh hitam kecokelatan, sehingga mirip dengan warna rambut. Belum lagi, ukurannya sangat kecil sehingga sulit terlihat.

2. Berkembang biak dengan cepat

Kulit kepala kita juga jadi tempat yang disenangi kutu untuk berkembang biak.

Dalam satu hari, kutu rambut betina bisa mengeluarkan 8 butir telur. Telur ini hanya membutuhkan satu minggu untuk menetas.

Bayi kutu rambut yang sangat kecil tumbuh dewasa saat usianya 10 hari. Saat itu mereka mulai berkembang biak.

Jumlah kutu hidup di rambut dan kulit kepala seseorang biasanya kurang dari 20 kutu. Namun, jika tidak dihilangkan, bisa ada ratusan kutu mati di kepala kita, nih.

3. Bisa menahan napas dan kebal dengan zat pembasmi

Selain bisa berpegangan erat dan berkembang biak dengan cepat, kutu punya kemampuan lain. Yaitu menahan napas.

Kutu bisa menahan napas selama 8 jam. Sehingga ia tetap bisa hidup meski kita mengguyur kepala dengan air atau bahkan berenang.

Kutu rambut juga kebal terhadap pembasmi kutu, karena sejak dulu telah berusaha dibasmi dengan zat tersebut. Misalnya zat DDT yang digunakan untuk membasmi kutu sejak masa Perang Dunia II.

Karena masalah kutu rambut sudah ada sejak jutaan tahun, ilmuwan mencoba memikirkan cara modern untuk membasmi kutu rambut.

Misalnya dengan membuat losion yang mengandung ivermectin, yaitu campuran yang bisa membuat kutu pingsan karena sistem sarafnya terganggu.
 

Loading...
Loading...