Minggu, 17 Maret 2019 10:03 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Kaca hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Ini adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan memiliki aktivitas biologis termasuk antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antihipertensi, antidiabetik, dan efek antitumor. 
Ini juga merupakan sumber protein, serat, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi.

Kandungan nutrisi yang tinggi dari kacang hijau membuatnya bermanfaat dalam memerangi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan usia, serta penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kacang hijau, simak penjelasan berikut ini!

1. Mengurangi tekanan darah
Kacang hijau memiliki kemampuan untuk membatasi timbulnya penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Ekstrak dari kacang-kacangan terbukti menurunkan tingkat tekanan darah sistolik, karena sifat antihipertensi dari gram hijau membantu dalam mengurangi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2. Meningkatkan kekebalan
Kacang hijau adalah sumber fitonutrien yang baik, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Mereka membantu meningkatkan kekebalan Anda dan melawan bakteri, pilek, virus, iritasi, ruam, dll.

Kacang hijau juga meningkatkan pertahanan kekebalan Anda, melindungi tubuh Anda dari unsur-unsur berbahaya.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Studi yang dilakukan tentang dampak kacang hijau dalam meningkatkan kesehatan jantung seseorang menegaskan bahwa konsumsi kacang ini secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

4. Mencegah kanker
Tingginya jumlah oligosakarida dan polifenol (asam amino) yang ada dalam kacang hijau membantu membatasi timbulnya kanker.

Loading...

Selain itu, sifat antioksidan kacang hijau bermanfaat dalam melindungi tubuh Anda dari kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.

5. Membantu penurunan berat badan
Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam kacang hijau dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah Anda makan banyak. 

Ini juga dapat meningkatkan hormon kenyang yang disebut cholecystokinin dan dapat membantu memerangi obesitas.

6. Mengurangi gejala PMS
Vitamin B dalam kacang hijau seperti vitamin B6 dan folat memainkan peran penting dalam mengendalikan fluktuasi hormon, yang berkaitan dengan PMS.

Vitamin B, folat, dan magnesium dapat membantu menurunkan rasa sakit yang terkait dengan PMS, seperti mengelola kram, sakit kepala, perubahan suasana hati, kelelahan, dan nyeri otot.

7. Meningkatkan kekuatan tulang
Kacang hijau dapat membantu meningkatkan asupan kalsium, yang pada gilirannya akan meningkatkan kekuatan tulang Anda.

Ini telah digunakan sebagai suplemen kalsium alami, karena dapat melindungi Anda dari patah tulang.

Loading...
Loading...