Sabtu, 16 Maret 2019 15:52 WITA

Makan 3 Telur Per Minggu Bisa Picu Masalah Jantung

Editor: Andi Chaerul Fadli
Makan 3 Telur Per Minggu Bisa Picu Masalah Jantung
FOTO: Getty

RAKYATKU.COM - Telur menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi orang yang ingin diet. Tetapi tampaknya makan telur dapat memiliki efek serius pada kesehatan jantung Anda.

Sebuah studi baru oleh para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa orang yang makan telur memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

“Pesan yang dibawa pulang sebenarnya tentang kolesterol, yang kebetulan terkandung banyak do telur dan khususnya kuningnya," ujar Norrina Allen, salah satu penulis penelitian tersebut, dikutip dari Mirror, Sabtu (16/3/2019).

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis diet dan hasil medis dari hampir 30.000 peserta selama rata-rata 17,5 tahun. Analisis hasil mengungkapkan bahwa orang yang makan 3-4 butir per minggu memiliki risiko 6% lebih tinggi mendengar penyakit, dan 8% risiko kematian lebih tinggi.

Secara khusus, tampaknya kolesterol yang ditemukan dalam telur mungkin menjadi penyebabnya.

Kuning telur adalah salah satu sumber terkaya kolesterol makanan di antara semua makanan yang biasa dikonsumsi, dengan satu telur besar mengandung sekitar 186 miligram kolesterol.

Loading...

Dr Allen mengatakan: “Penelitian kami menunjukkan jika dua orang memiliki pola makan yang sama dan satu-satunya perbedaan dalam pola makan adalah telur, maka Anda dapat secara langsung mengukur efek dari konsumsi telur pada penyakit jantung.

"Kami menemukan kolesterol, terlepas dari sumbernya, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung."

Jika Anda suka telur, jangan panik. Para peneliti menyarankan agar Anda tidak harus membuang telur sepenuhnya, tetapi Anda harus berhati-hati tentang berapa banyak yang Anda makan.

Dr Allen menambahkan: “Kami ingin mengingatkan orang ada kolesterol dalam telur, khususnya kuning telur, dan ini memiliki efek berbahaya. Makanlah secukupnya. "

Tags
Loading...
Loading...