Rabu, 13 Maret 2019 09:53 WITA

Tips Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Bahan Alami

Editor: Suriawati
Tips Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Bahan Alami
INT

RAKYATKU.COM - Ketiak bau adalah salah satu masalah yang bisa membuat Anda dipermalukan.

Ketiak yang bau dapat disebabkan oleh beberapa alasan, termasuk penumpukan bakteri, kelenjar keringat, makanan, kondisi medis seperti hiperhidrosis dan diabetes.

Meskipun ada sejumlah deodoran yang dapat membantu Anda menjaga bau tidak sedap di ketiak Anda, mereka kadang-kadang dapat merusak kulit, sehingga menyebabkan iritasi atau bintik-bintik gelap.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan dalam kasus itu? Nah, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Gel lidah buaya
Ini memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Dengan demikian, gel lidah buaya membantu menghilangkan bau ketiak saat dioleskan.

Caranya: Campurkan 2 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdm madu. Oleskan ke ketiak dan biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Ulangi proses ini 3 kali sehari selama sekitar satu minggu.

2. Cuka apel
Cuka sari apel juga memiliki sifat antimikroba yang membantu mengurangi dan mengendalikan bau ketiak.

Caranya: Campurkan 2 sdm cuka apel dengan 2 sdm air. Celupkan bola kapas ke dalam campuran itu dan oleskan pada ketiak. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Lakukan ini sekali sehari untuk hasil yang diinginkan.

Loading...

3. Baking soda dan air lemon
Soda kue dan air lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu menghilangkan bau ketiak.

Caranya: Campurkan 1 sdm baking soda dengan 1 sdm jus lemon. Celupkan bola kapas ke dalam campuran itu dan oleskan pada bagian ketiak.  Diamkan selama sekitar 10-12 menit dan kemudian cuci bersih. Ulangi ini 3-4 kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang menjadikannya pilihan utama untuk menyingkirkan bau ketiak.

Caranya: Campurkan 2 sdm minyak kelapa dengan 1 sdm jojoba oil. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan pada ketiak. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan tisu. Ulangi ini 3-4 kali sehari untuk hasil terbaik.

7. Lemon
Lemon memiliki sifat antibakteri. Ini mengurangi pH kulit Anda dan juga melawan bakteri penyebab bau.

Caranya: Potong lemon menjadi dua bagian. Ambil satu potong lemon dan gosokkan di ketiak Anda. Ulangi hal yang sama pada ketiak yang satu. Biarkan selama sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan. Ulangi ini sekali sehari untuk hasil yang diinginkan.

Loading...
Loading...