Selasa, 12 Maret 2019 14:55 WITA

Manfaat Biji Tomat untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Biji Tomat untuk Kesehatan

RAKYATKU.COM - Tomat adalah sayuran yang bisa dikonsumsi secara keseluruhan, mulai dari kulit, daging, hingga bijinya.

Meski demikian, ada kesalahpahaman yang berhubungan dengan biji tomat, di mana banyak orang menganggapnya dapat menyebabkan radang usus buntu.

Padahal itu tidak benar. Kulit luar biji tomat yang keras akan dicerna oleh asam lambung di usus, kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda melalui kotoran.

Sebaliknya, biji tomat kaya akan vitamin A dan C, serta  merupakan sumber serat yang hebat.

Berikut manfaat biji tomat untuk kesehatan:

1. Memperbaiki sirkulasi darah
Menurut beberapa uji klinis dan profesional kesehatan di Uni Eropa, gel alami yang ditemukan di bagian luar biji tomat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Ini membantu dalam membatasi gumpalan darah dan meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah.

Loading...

2. Mencegah pembekuan darah
Penelitian telah menemukan bahwa biji tomat memiliki beberapa sifat seperti aspirin. Melalui ini, dapat ditunjukkan bahwa biji tomat dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah.

Mengkonsumsi biji tomat untuk membatasi risiko bekuan darah bahkan diklaim lebih sehat dibandingkan dengan aspirin, karena ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti pendarahan di lambung dan bisul.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Meskipun tidak ada penelitian khusus untuk mendukung klaim ini, dampak biji tomat dalam meningkatkan kesehatan jantung dapat dikaitkan dengan diet Mediterania.

Diyakini bahwa sebagian besar manfaat yang ditawarkan oleh diet Mediteraia, termasuk meningkatkan kesehatan jantung,  berkaitan dengan konsumsi tomat dan biji tomat.

4. Baik untuk pencernaan
Biji tomat mengandung serat, sehingga sangat penting untuk membantu pencernaan. Ini juga mengandung sejumlah asam amino dan TMEn yang dapat dicerna, yang selanjutnya dapat meningkatkan pencernaan.

Loading...
Loading...